Humaniora

Sekolah Wajib Lindungi Siswa Selama di Lingkungan Pendidikan

Kepala Seksi Kelembagaan Mulyadi Syukri, S.Sos, mewakili Sekretaris Disdikbud Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si, saat menjadi peserta web seminar pada sosialisasi sekolah ramah anak melalui konferensi video. (Foto: Istimewa)

SMARTNEWS.ID — Asisten Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan Kreativitas dan Budaya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Elvi Hendrani, meminta sekolah melindungi siswa selama di lingkungan sekolah.

Hal itu dikatakannya saat menjadi nara sumber pada web seminar sosialisasi sekolah ramah anak yang diikuti sekitar 500 sekolah, terdiri atas TK/RA, SD/MI, dan SMP/MTs se-Kota Bandar Lampung, Selasa (23/6/2020).

Diketahui, pada web seminar melalui konferensi video, itu turut diikuti Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si yang diwakili Kepala Seksi Kelembagaan Mulyadi Syukri, S.Sos.

Kemudian, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Sri Asiyah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mahmuddin Aris Rayusman, S.Ag., M.Pd.I. Serta fasilitator nasional sekolah ramah anak, Dr. Sowiyah, M.Pd dan Bagus Dibyo Sumantri.

Lebih lanjut Elvi Hendrani mengatakan, untuk melindungi anak di sekolah, sekolah ramah anak harus melakukan pendataan paling sedikit satu tahun sekali. Itu dilakukan supaya anak tidak menjadi korban kekerasan.

“Kami berharap dinas terkait dapat menggerakkan sekolah untuk melindungi anak didiknya selama berada dalam sekolah. Sekaligus melakukan pendataan pada anak yang rentan akan kekerasan,” ujar dia.

Sementara, Kasi Kelembagaan Mulyadi menerangkan, sekolah ramah anak di Bandar Lampung telah menjamin, memenuhi, dan menghargai hak anak selama berada di sekolah.

Hal itu dibuktikan dengan menjadikan sekolah yang bersih, aman, ramah, indah, inklusif, sehat, asri, dan nyaman. “Tentunya menjadi sekolah ramah anak jauh akan dari diskriminasi dan perlakuan salah terhadap anak,” katanya. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close