Politik

Armizi Abusani: Dari Jalur Pers Menuju Parlemen

Armizi Abusani. DOK

SMARTNEWS.ID – Melalui bendera Partai Amanat Nasional (PAN), Armizi Abusani coba menjemput takdir menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Bandar Lampung. Wartawan media online yang akrab disapa Oji ini akan maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5: Sukarame, Tanjungsenang, dan Sukabumi.

“Menjadi wakil rakyat bukan untuk mencari materi. Melainkan ingin memperjuangkan aspirasi rakyat, khususnya kaum muda, lewat kewenangan sebagai pemangku kebijakan. Itu janji saya kepada masyarakat,” ujar Armizi Abusani yang juga pemilik media online Newsanalis.com, Senin, 12 Juni 2023.

Lelaki kelahiran Gunungkatun, 23 Juli 1972 ini, tergolong senior di PAN. Bergabung di partai berlambang matahari sejak tahun 1999. Saat itu DPW PAN Lampung diketuai H. Ibnu Hadjar, tokoh Muhammadiyah. Tetapi, tahun 2005-2010 Oji sempat berlabuh ke PKS dan menjadi Ketua Ranting Sukabumi Indah.

Lima tahun menjadi kader PKS, pada tahun 2010 dia kembali ke PAN. Saat itu dia bersama PAN berjuang menggolkan pasangan Herman H.N – Thobroni Harun sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandar Lampung periode 2010-2015. Pada Pilkada Bandar Lampung tahun 2015, Armizi kembali mendukung pasangan calon yang diusung PAN. Yakni, Thobroni Harun – Komaru Nizar.

Usai Pilwakot yang kembali dimenangkan Herman HN, Oji didapuk menjadi Ketua DPC PAN Kecamatan Sukabumi periode 2016-2021. Pada periode ini Armizi berhasil mengantarkan dua kader PAN menjadi anggota legislatif. Yakni, H. Yusirwan sebagai anggota DPRD Provinsi Lampung dan H. Erwansyah sebagai anggota DPRD Kota Bandar Lampung. Kini, Oji di struktur PAN duduk sebagai Ketua MPP Cabang DPC PAN Kecamatan Sukabumi periode 2021-2026.

Selain berpartai, Oji juga diketahui aktif di berbagai organisasi. Antara lain di PW Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCMI) Lampung. Di organisasi keagamaan yang diketuai Sodirin ini Oji duduk sebagai Kabid Humas. Oji juga aktif DPP Jagat Buana Nusantara (JBN) Provinsi Lampung. Di organisasi sosial, budaya, dan kemanusiaan ini dia ditunjuk sebagai Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK).

Sebagai Calon Anggota Legislatif, Armizi optimistis mendapat suara signifikan. Sebab, dia merasa sudah cukup dikenal masyarakat, setidaknya di Kecamatan Sukabumi, tempat dia berdomisili. Armizi diketahui pernah menjadi Ketua RT Perumahan Karunia Indah Kelurahan Sukabumi, selama tahun 2002 – 2012. Pengalaman 10 tahun menjadi ketua RT pada massa kepemimpinan Wali Kota Edy Sutrisno itu, dirasa cukup untuk mampu mendulang suara pemilih.

Sebelum memantapkan diri maju sebagai Caleg, Armizi terlebih dulu memohon restu dari kedua orangtuanya juga kepada istrinya. “Menjadi Caleg harus mendapat restu dan dukungan dari keluarga,” kata Oji.

Putra dari pasangan Abusani-Siti Rohmah ini berdarah Baturaja dari pihak ayah dan Way Kanan dari pihak ibu. Dia menamatkan Pendidikan SLTA di SMA Perintis Tanjungkarang pada tahun 1991.

Kini dari istrinya yang bernama Masnun Mustami, Armizi dikarunia 3 putra-putri. Putra sulungnya, Sandy Ade Saputra, sudah bekerja. Putra keduanya, Muhammad Ghozy Aimar Akbar sekarang kuliah Semester 2 di ITERA. Sedangkan putri bungsunya, Nazwa Amelya Shofiana, masih duduk di bangku kelas 10 SMA Negeri 6 Bandar Lampung.

Nama Armizi Abusani sudah cukup dikenal di kalangan wartawan di Bandar Lampung. Sebab, nyaris waktu hari-harinya dihabiskan untuk mencari, mengolah, menyusun, menyimpan, dan menyampaikan berita kepada masyarakat. Berita itu dia terbitkan melalui surat kabar cetak dan media online di tempatnya bekerja.

Targetnya ketika duduk sebagai anggota legislatif adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat, serta generasi milenial agar menjadi bagian dalam pembangunan di Kota Bandar Lampung. Ia yakin mampu memperjuangkan nasib masyarakat. Sebab, pengalaman sebagai jurnalis dan memimpin organisasi, menjadi modal besar dalam mengubah situasi masyarakat menjadi lebih baik.

“Pengalaman sebagai wartawan sangat menempa karakter dan kehidupan saya. Bagaimana bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang yang membutuhkan. Sebab saya setiap hari bersama masyarakat,” katanya. (red-oji).

Biodata :

Nama : Armizi Abusani

Bacaleg :PAN

Dapil 5 : Sukabumi,sukarame dan Tanjung senang

Pendidikan. :

SDN Gunung katun kabupaten way kanana 1985

SMP Baradatu Kabupaten way kanan 1988

SMA Perintis Bandar lampung 1991

Anak : 3 orang( 2 Laki laki dan 1 perempuan )

Istri : Masnun Mustami

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close