Humaniora

UIN Raden Intan Lampung Fokus Penanganan Bencana Tsunami Lampung Selatan

BANDAR LAMPUNG — Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan yang turut serta dalam penanganan bencana tsunami Lampung Selatan. Bantuan penanganan tersebut merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Seperti diungkapkan Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof Moh Mukri kepada smartnews.id, Jumat (4/1/2019), bahwa fokus penanganan pasca bencana tsunami adalah menjadi bagian tanggung jawab pihaknya untuk membantu memulihkan korban selamat.

Menurutnya, UIN sebagai lembaga pendidikan, sudah sepatutnya turut serta meringankan penderitaan korban tsunami, karena hal tersebut adalah amanah dan tanggung jawab sosial yang juga sebagai bentuk pengabdian Perguruan Tinggi.

“Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, ada yang namanya pengabdian terhadap masyakarat. Penanganan pasca bencana tsunami di Lampung Selatan yang kami lakukan hingga saat ini, merupakan bagian dari hal tersebut,” ujar Rektor.

Kemudian Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Jumari Iswadi menerangkan, untuk meringankan korban tsunami, pihaknya menerima bantuan dari masyarakat seperti logistik dan uang untuk disalurkan dan dibelikan kebutuhan para penyintas.

Menurutnya, bantuan masyarakat hendak diberikan ke penyintas, dapat diserahkan ke UIN Raden Intan Lampung di Sukarame Bandar Lampung atau posko induk UIN yang terletak di lapangan depan kantor Bupati Lampung Selatan.

“Selain di kampus, kami juga membuka posko di Kalianda yang berfungsi sebagai tempat berkumpul para relawan UIN dalam penyaluran bantuan. Posko yang akan dibuka 6 bulan ke depan itu, juga sebagai pusat informasi dan komunikasi,” ujarnya.

Selain itu menurut dia, untuk membantu pemulihan korban, pihaknya juga akan menyusun rencana Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa, untuk ditempatkan di lokasi terdampak bencana tsunami. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close