Ruwa Jurai

Wakil Bupati Pringsewu Beri Penghargaan Kader TB-HIV

PRINGSEWU – Wakil Bupati Pringsewu Fauzi memberikan penghargaan kepada sejumlah kader TB-HIV Care Aisyiyah Pringsewu yang telah berperan aktif dalam menemukan serta melayani penderita TB untuk disembuhkan.

Pemberian penghargaan bertepatan pada kegiatan CSO Coordination & Networks at District Level (Community TB-HIV Care Aisyiyah Pringsewu) di hotel Regency, Pringsewu, Kamis (3/1/2019).

Adapaun penerima penghargaan tersebut yakni kader TB-HIV Care Aisyiyah Ananda Suwarni, pengelola program TB Puskesmas Ambarawa Purwadi Ibnu Ahmad, dan tenaga ahli teknologi laboratorium medik Puskesmas Pagelaran Ari Handoko.

Pemberian penghargaan itu disaksikan Kepala Dinas Kesehatan Pringsewu Purhadi, anggota DPRD Pringsewu Hartono, Ketua PD Aisyiyah Pringsewu Umi Kursiyati, perwakilan dari IDI, IBI, PPNI, IMM, KNPI, GOW, LPA, Ratu Sewu, RSUD, RS Mitra Husada, dan sejumlah OPD Pemkab Pringsewu.

Wakil Bupati mengatakan, epidemi HIV menunjukkan pengaruh terhadap peningkatan epidemi TB di masyarakat, sehingga mengakibatkan meningkatnya jumlah kasus TB. Di Indonesia, diperkirakan 3% pasien TB yakni dengan status HIV postitif.

“Pengendalian TB harus sejalan dengan pengendalian HIV. Karena bila tidak sejalan maka keberhasilan pengendalian kedua jenis penyakit tersebut tidak akan berhasil dengan baik,” ujar dia kepada smartnews.id, Kamis (3/1/2019).

Kemudian koordinator pelaksana program komunitas TB-HIV Pringsewu, Muhammad Iqbal berharap kepada pemerintah Pringsewu  dan unsur terkait, dapat mendukung penuh langkah dilakukan komunitas TB-HIV dalam menemukan terduga TB.

Dukungan yang dimaksud menurut dia, Pemkab Pringsewu dapat membuatkan payung hukum melalui Peraturan Bupati atau Peraturan Daerah. “Bila ada payung hukumnya, komunitas atas lembaga lain dalam menemukan terduga TB akan lebih semangat lagi,” kata dia. (ogo)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close