Pringsewu

15 Group Ikuti Festival Kesenian Kuda Kepang Kabupaten Pringsewu 2023

SMARTNEWS.ID — Sebanyak 15 grup kesenian kuda kepang mengikuti Festival Kesenian Kuda Kepang Kabupaten Pringsewu 2023, dalam rangka memeriahkan peringatan hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun. Melalui Festival itu, diharapkan seni dan budaya warisan leluhur dapat dilestarikan dan dikembangkan oleh para generasi muda bangsa. Sabtu, 28 Oktober 2023.

Panitia Festival Kuda Kepang 2023, Rismanto mengatakan, Festival Kuda Kepang yang dilaksanakan sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya khususnya kesenian kuda kepang. Dimana, Kuda Kepang atau yang sering didengar oleh masyarakat Kuda Lumping atau Jaran Kepang merupakan warisan seni dan budaya para leluhur terdahulu.

“sebanyak 15 group kesenian kuda kepang yang berasal dari Kecamatan Pringsewu, Pagelaran, Ambarawa, Banyumas dan Sukoharjo ikut serta memeriahkan Festival Kuda Kepang 2023,”katanya

Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat membuka Festival Kuda Kepang mengatakan, berdasarkan UU No.5 Tahun 2017 diamanatkan bahwa negara berkewajiban memajukan kebudayaan ditengah peradaban dunia dan menjadikan kebudayaan ini sebagai investasi untuk kemajuan dan peradaban bangsa.

“jadi kita berkewajiban untuk menjaga, melestarikan dan mengembangkan seni budaya salah satunya kesenian Kuda Kepang. Kesenian Juda Kepang ini cukup unik dengan sarat ritual dan nilai-nilai seninya,”katanya

Ditambahkan dia, ditengah-tengah era modern saat ini, kesenian Kuda Kepang di Kabupaten Pringsewu sudah banyak berkembang dan diminati oleh para generasi muda. Tentunya, hal itu menjadi nilai yang positif untuk terus dijaga dan dilestarikan.

“tidak hanya kesenian Kuda Kepang saja, akan tetapi kesenian lainnya perlu dilestarikan dan dikembangkan. Sehingga, para generasi muda khususnya di Kabupaten Pringsewu ini, bisa terus mengembangkan, melestarikan dan menjaga kesenian dan budaya yang telah diwariskan oleh para leluhur terdahulu,”katanya

Festival Kesenian Kuda Kepang Kabupaten Pringsewu 2023, yang dilaksanakan di Lapangan Juang, Pringombo, Pringsewu Timur, Kabupaten Pringsewu, juga dihadiri sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Pringsewu, para anggota DPRD Kabupaten Pringsewu, tamu undangan dan ribuan masyarakat yang ikut menyaksikan kesenian tersebut. (*/A.Hapsara)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close