Ruwa Jurai

Buka Manasik Haji 2023, Pj Bupati Pringsewu Berdoa Jemaah Jadi Haji Mabrur

FOTO: SMARTNEWS.ID/ ARIYANTO

SMARTNEWS.ID – Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah, membuka bimbingan manasik haji di Gedung Graha KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Pringsewu, Selasa, 16 Mei 2023.

Bimbingan manasik haji yang diikuti 377 calon jemaah haji, ini sebagai bekal bagi calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci pada musim haji tahun ini.

Selamat kepada para calon jemaah haji Kabupaten Pringsewu yang telah memperoleh kesempatan memenuhi panggilan-Nya ke tanah suci,” ujar Adi Erlansyah.

Dalam melaksanakan rukun Islam kelima ini, ia berharap kepada calon jemaah haji diberikan kekuatan dan kelancaran sehingga menjadi haji yang mabrur dan mabrurah.

Menurut Adi, dua hal perlu diperhatikan untuk menjadi haji yang mabrur. Pertama, niat suci hanya karena Allah Swt dan kedua melaksanakan sesuai yang dicontohkan Rasullullah Saw

“Jadi panggilan haji semata-mata untuk memenuhi panggilan-Nya,” ujar Adi Erlansyah yang juga Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung itu.

Pada kegiatan bimbingan haji tersebut, ia juga berpesan kepada seluruh calon jemaah haji agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan manasik dengan sungguh-sungguh hingga selesai.

“Selain itu, melaksanakan ibadah dengan tertib dan khusyuk dengan menaati aturan dan jadwal yang ditetapkan, serta mengikuti petunjuk dan panduan yang diberikan petugas haji,” pesannya.

Di tempat yang sama, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu, Junaidi Sirad, mengatakan bimbingan manasik haji ini untuk meningkatkan pengetahuan manasik haji.

Selanjutnya, melaksanakan tata cara ibadah haji dengan benar sesuai tuntunan ajaran Islam, membentuk jemaah haji memiliki pengetahuan manasik haji dan tata cara praktiknya.

Dari 377 calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci, katanya, jamaah tertua berusia 92 tahun atas nama Hambari Mad Zaidi. Sedangkan termuda berusia 21 tahun Ulfa Ningsih.

Pada musim haji ini, Kabupaten Pringsewu katanya mendapat tambahan kuota jemaah haji cadangan sebanyak 42 jamaah dengan batas waktu pelunasan hingga 19 Mei 2023. (ARI)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close