Ruwa Jurai

Buka Workshop & Pameran di SMAN 1 Ambarawa, Kadisdikbud Apresiasi Hasil Karya Siswa

Kepala Disdikbud Lampung, Drs. Sulpakar, M.M, menerima seledang tapis saat tiba menghadiri workshop double track dan pameran P5, di SMAN 1 Ambarawa Pringsewu, Rabu, 1 Februari 2023. DOK DISDIKBUD LAMPUNG

SMARTNEWS.ID – SMAN 1 Ambarawa, di Kabupaten Pringsewu, menggelar Workshop Double Track dan Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), di sekolah setempat, pada Rabu, 1 Februari 2023.

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Drs. Sulpakar, M.M, ini diharapkan memberi keterampilan, serta kesempatan belajar dari lingkungan sekitar kepada siswa.

“Sekolah yang menyelenggarakan program double track ialah memberi keterampilan di bidang kewirausahaan. Sedangkan P5 merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka,” ujar kepala Disdikbud.

Pada program double track yang diikuti siswa, katanya, sangat banyak manfaatnya, seperti memberi bekal jiwa kewirausahaan dan keterampilan kewirausahaan, serta membangun budaya dan model pembelajaran akademik di sekolah.

“Hal terpenting lain adalah memberikan pengalaman kewirausahaan dalam bentuk praktik yang bisa dikembangkan secara mandiri setelah siswa lulus bagi yang tidak melanjutkan pendidikan tinggi,” katanya.

Sementara pada program P5, lanjutnya, siswa diberi kesempatan untuk mempelajari tema atau isu penting, sehingga bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya.

“Projek penguatan ini juga dapat menginspirasi para siswa, khususnya di SMAN 1 Ambarawa untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya,” ujar Penjabat Bupati Mesuji itu.

Ia mengatakan, kegiatan proyek ini siswa akan lebih perhatian terhadap permasalahan di sekitarnya serta kritis dalam mencari solusi permasalahan untuk dapat diterapkan dalam lingkungan terkecilnya.

“P5 ini menjadi penting dilaksanakan dengan alokasi waktu khusus, guna memberi kesempatan kepada siswa untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitarnya,” katanya.

Melalui program-program tersebut, ia berharap SMAN 1 Ambarawa akan terus berkembang menjadi sekolah terdepan dan menghasilkan generasi muda penerus bangsa yang handal, kreatif, berakhlak, penuh integritas.

“Tentunya juga siap berkompetisi bagi kemajuan bangsa dan daerah tercinta. Saya ucapkan selamat dan ucapan terima kasih serta apresiasi kepada SMA 1 Ambarawa yang telah menggelar kegiatan ini,” tutup dia.

Diketahui, turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pembinaan SMA Diona Katharina, S.Sos., M.M, Kepala Cabang Dinas Wilayah II, Dra. Fitrianita, M.Pd, dan Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung, Hendra Putra, M.Pd.

Kemudian, Kepala SMA 1 Ambarawa, Musa Nuurasyid, M.Pd, Ketua MKKS SMA Pringsewu, Aris Wiranto, S.Pd, M.M, Ketua MKKS SMA Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung, Camat Ambarawa, Eko Purwanto, S.Si.

Selanjutnya, Kapolsubsektor Kecamatan Ambarawa, Aipda Budi Hartono, Kaposbanramil Kecamatan Ambarawa, Peltu Harsono, Kepala UPT Puskesmas Ambarawa, Sagiman, S.K.M, Ketua Apdesi Kecamatan Ambarawa, Muhyidin. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close