Lampung SelatanRuwa Jurai

Desa Mulyo Rejo Laksanakan Pembangunan Dengan Padat Karya Tunai

SMARTNEWS.ID – Untuk mengurangi terjadinya genangan air dan memperlancar aliran air dimusim penghujan, Pemerintah Desa Mulyo Rejo, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, melaksanakan Pemeliharaan Sanitasi Pemukiman (PSP) atau saluran air sepanjang 1.180 meter dengan menggunakan Dana Desa (DD) 2023. Rabu (12/07/2023)

Pelaksanaan itu dilaksanakan dengan cara Padat Karya Tunai (PKT) yang berada di Dusun 01, 02 dan 03 Desa Mulyo Rejo. Dengan cara PKT, pembangunan yang ada didesa bisa memberdayakan masyarakat lokal, tenaga kerja, teknologi, produktifitas serta menambah penghasilan dan kesejahteraan masyarakat didesa.

Kepala Pekon Mulyo Rejo, Solikin mengatakan, berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yakni pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

“setiap pembangunan yang ada di pekon/desa kami, dilaksanakan dengan cara PKT. Dengan PKT itu kita harapkan bisa menggerakkan ekonomi, mengurangi pengangguran, mengurangi kemiskinan, mengembangkan kawasan pedesaan dan permasalahan desa lainnya,”kata Solikin

Ditambahkan Solikin, pihaknya saat ini berfokus pada pembangunan ataupun normalisasi saluran air (Selokan.red) disetiap dusun. Hal itu dilakukan agar saat musim penghujan, aliran air bisa lancar dan normal.

“Ada beberapa hal yang menjadi sasaran program padat karya tunai, yaitu ikut menjadi perkerja dan peningkatan ekonomi masyarakat. Kemudian, pelaksanaan program PKT di desa adalah penganggaran kegiatan-kegiatan yang bersifat padat karya, yang diwajibkan untuk didanai dengan Dana Desa dalam APBDes,”katanya

Sementara itu, pelaksana kegiatan Joko Prayitno mengatakan, dalam melaksanakan pembangunan di Pekon Mulyo Rejo, pihaknya bekerja sama dengan para kadus, RT dan RW setempat.

“kami bersama-sama mengumpulkan masyarakat untuk bisa melaksanakan pembangunan didesa dengan cara PKT. Melalui PKT, kita juga berharap bisa terjalin semangat gotong royong dan kebersamaan antar masyarakat dalam memajukan pembangunan didesa,”katanya (Ari)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close