Pemkot Balam

Hadiri Tradisi Melarung Sesaji, Eva Dwiana: Rasa Syukur Diberikan Rezeki Hasil Laut

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menghadiri tradisi melarung sesaji yang dilakukan para nelayan di Dermaga Gudang Lelang, Kecamatan Telukbetung Selatan, Senin pagi, 22 Juli 2024.

Tradisi melarung sesaji yang sudah dijalankan secara turun temurun oleh para nelayan setiap tahun, itu sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan yang memberikan rejeki hasil laut.

“Bunda Eva mengapresiasi digelarnya tradisi ini yang dijalankan oleh Koperasi Unit Desa (KUD) Mina Jaya kota Bandar Lampung dan dihadiri ratusan nelayan. Hal ini demi menjaga kelestarian tradisi sedekah laut,” kata Eva Dwiana.

Menurutnya, tradisi sedekah laut ini sudah lama melekat di kalangan nelayan sebagai wujud kearifan lokal yang harus senantiasa dipelihara. Ini merupakan perwujudan rasa syukur nelayan yang telah diberikan rejeki dengan tangkapan ikan yang berlimpah.

“Ini juga merupakan ciri khas dari negara Indonesia sebagai negara maritim dengan aneka kearifan lokal. Momen ini juga sebagai ajang silaturahmi karena keseharian para nelayan yang rutin mencari ikan, dan di acara larung sesaji ini bisa berkumpul bersama,” ujarnya.

Diketahui, saat kegiatan melarung sesaji, kapal-kapal nelayan bergerak menuju perairan Teluk Bandar Lampung, mulai dari kepala kerbau dan hasil bumi seperti buah-buahan serta sayur-sayuran dengan harapan hasil laut akan tetap berlimpah. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close