Ruwa Jurai

Hebat! Lulusan SMKN 4 Bandar Lampung Mayoritas Terserap di Dunia Kerja

BANDAR LAMPUNG – SMKN 4 Bandar Lampung mampu menghasilkan lulusan berdaya saing dalam bekerja. Hal tersebut terbukti, hampir seluruh lulusan di sana memperoleh pekerjaan pada dunia industri serta menciptakan lapangan kerja baru.

Kepala sekolah setempat, Dra. Helmiyati, M.M kepada smartnews.id, Jumat (22/2/2019) menerangkan, hadirnya SMK guna mencetak sumber daya manusia siap bekerja. Selama menempuh pendidikan di SMK, siswa dilatih berbagai keterampilan, kemandirian, dan karakter.

Berdasarkan data dimiliki sekolah, lulusan tahun 2017 sebanyak 897 orang, berasal dari 9 program keahlian. Dari jumlah tersebut, lulusan bekerja pada dunia usaha dan dunia industri sebanyak 600 orang, menciptakan lapangan pekerjaan 50 orang, sementara sisanya melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

“Dari hampir 900 lulusan di tempat kami tahun lalu, mayoritas sudah bekerja. Tetapi ada juga yang melanjutkan kuliah namun hanya sekitar 5 persen dan sekitar 9 persen belum memberikan informasi kepada kami, apakah mereka sudah bekerja atau melanjutkan pendidikan,” ujar dia.

Untuk memberi ruang lulusan dalam bekerja, sekolah bekerjasama lebih dari 100 dunia usaha dan industri, baik perusahaan lokal, nasional, maupun asing yang berada di dalam negeri. Selain itu, sekolah juga menggandeng Samsung Tech Institut dalam menyelaraskan kurikulum kelas industri.

“Selain bekerjasama dengan ratusan industri, mulai tahun lalu kami menggandeng Samsung Tech Institut memberikan kurikulum khususnya program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan serta Rekayasa Perangkat Lunak. Diharapkan lulusan dapat bekerja di sana nantinya,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Teguh Irianto, M.Pd mengatakan, SMK memiliki motto “SMK Bisa”. Artinya, setiap lulusan SMK harus bisa dalam segala hal, berkreasi dan melahirkan karya inovatif dalam mengisi pembangunan bangsa.

Menurutnya, itu telah dibuktikan oleh SMK di Lampung, salah satunya SMKN 4 Bandar Lampung, di mana sekolah itu telah melahirkan generasi cerdas, kreatif, inovatif, dan berdaya saing secara luas.

“Saya yakin semua SMK mempunyai komitmen yang sama dan kuat dalam melahirkan generasi hebat. Telah banyak SMK mendulang prestasi baik dibidang akademik maupun nonakademik,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close