Bandar LampungPendidikan

Juara I Karate O2SN 2023, Kadis Eka Afriana Sebut Oshin Kini Primadona Disdikbud Bandar Lampung

Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd, saat memberikan uang pembinaan kepada Oshin, pada kegiatan apel di Disdikbud, Senin pagi, 25 September 2023. FOTO: DISDIKBUD BANDAR LAMPUNG/ SATRIA

SMARTNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung mengapresiasi prestasi diraih siswi SD Negeri 1 Langkapura, Nasywa Anandita Heriyanto, yang meraih medali emas pada Cabang Olahraga Karate Komite Perorangan -33 Kg Putri di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SD/MI Tahun 2023.

Apresiasi itu disampaikan Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd, kepada Nasywa Anandita Heriyanto, saat dihadirkan langsung bersamaan kegiatan apel yang diikuti seluruh pegawai Disdikbud, di lapangan dinas setempat, Senin pagi, 25 September 2023.

Menurut Eka Afriana, Nasywa Anandita atau biasa disapa Oshin itu, merupakan aset sekaligus menjadi primadona bagi Disdikbud dan Pemerintah Bandar Lampung. Pasalnya, Oshin mampu mengharumkan nama daerah asalnya pada tingkat nasional.

“Sebagai bentuk apresiasi, kami (Disdikbud Bandar Lampung) memberikan tanda cinta kasih terhadap Oshin berupa sejumlah uang untuk pembinaan. Mohon jangan dilihat nilainya, namun itulah salah satu bentuk penghargaan kami kepada Oshin,” ujar Kepala Disdikbud.

Tak hanya itu, lanjutnya, Pemerintah Kota Bandar Lampung juga akan memberikan penghargaan salah satunya berupa piagam penghargaan yang di dalam piagam tersebut akan ditandatangani langsung oleh Wali Kota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana.

“Bentuk apresiasi lain dari Pemkot Bandar Lampung terhadap Oshin, kami juga akan memajang foto Oshin lengkap dengan medali dan sertifikatnya melalui banner di Disdikbud selama satu tahun atau hingga O2SN di tahun mendatang,” ujar Eka Afriana.

Sementara itu, Oshin mengaku senang atas penyambutan dan penghargaan yang diberikan Disdikbud Bandar Lampung. Ia yang kesempatan itu didampingi kedua orangtuanya Heriyanto Djamian dan Erika Fitriyani, bersyukur atas prestasi yang telah diraihnya.

“Perasaan Oshin sangat bangga dan senang setelah mendapatkan juara ini, apalagi sudah disambut baik oleh Ibu Eka (Kepala Disdikbud Bandar Lampung). Padahal sebelumnya tidak menyangka bakal dapat juara,” ujar dara kelahiran Bandar Lampung, 25 Agustus 2023 ini.

Oshin yang memiliki hobi olahraga karate dan bercita-cita menjadi Polisi Wanita (Polwan), itu mengaku bahwa keberhasilannya pada O2SN di DKI Jakarta pada 18-24 September 2023, yaitu dengan membangun kepercayaan diri yang baik sebelum dan saat bertanding.

“Kemarin saat di babak final, Oshin melawan atlet dari Provinsi Kepulauan Riau. Atletnya cukup hebat. Namun, berkat dukungan Mamah, Papah, dan pelatih, Oshin kuat dan mampu mengalahkannya,” ujar Oshin yang kini duduk di bangku kelas 5 SD Negeri 1 Langkapura itu.

Atas prestasi yang diraihnya tersebut, Oshin mengaku akan terus berlatih karate sebagai persiapan untuk mengikuti olimpiade di tingkat internasional. “Doakan Oshin kembali menang kalau bertanding di internasional,” ujar putri bungsu dari tiga bersaudara itu.

Orangtua Oshin, Heriyanto Djamian mengatakan bahwa Oshin mencintai olahraga karate sejak duduk di bangku kelas 1 SD atas dasar keinginannya sendiri. Sebagai orangtua, katanya, akan selalu mendukung apa yang dicita-citakan Oshin.

“Hobinya putri kami ini hanya olahraga karate. Bahkan dalam sehari Oshin mampu berlatih beberapa jam, mulai dari pukul 16.00-18.00 Wib dan dilanjutkan lagi pada pukul 19.00-20.30 Wib. Itu hampir dilakukannya setiap hari bersama pelatihnya,” katanya.

Kemenangan yang diraih Oshin pada O2SN, Heriyanto mengucapkan terima kasih kepada Disdikbud Bandar Lampung dan SD Negeri 1 Langkapura yang telah mendukung penuh sebelum, saat, dan setelah olimpiade.

“Saya selalu berpesan kepada Oshin agar selalu rendah diri dan selalu giat untuk belajar, meski berprestasi. Sebagai orangtua, kami hanya bisa mendukung dan mendoakan Oshin untuk yang terbaik bagi masa depannya,” ujar dia yang diamini Kepala SD Negeri 1 Langkapura  Mimin Tarsih, M.Pd itu. (***)

Baca juga: Selamat! Siswi SDN 1 Langkapura Bandar Lampung Oshin Juara I Karate O2SN 2023

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close