NasionalPemkot BalamVideo Smart

Kontingen Kota Bandar Lampung Pukau Penonton Karnaval Budaya Apeksi 2024

Kota Balikpapan Kalimatan Timur

DOK DISDIKBUD BANDAR LAMPUNG

SMARTNEWS.ID – Kontingen Apeksi Kota Bandar Lampung sukses menampilkan aksi seni dan budaya pada Karnaval Budaya Nusantara, di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu malam, 5 Juni 2024.

Karnaval budaya menjadi salah satu rangkaian pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2024, itu ditonton oleh ribuan masyarakat.

Acara yang dipusatkan di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome, Kota Balikpapan itu, kontingen asal Kota Bandar Lampung mampu memukau penonton yang hadir.

Pasalnya, puluhan peserta yang mengenakan pakaian khas daerah Lampung, dalam penampilannya itu mampu menghibur masyarakat, undangan, anggota Apeksi sekaligus para wali kota se-Indonesia.

Tepuk tangan dan sorak sorai yang meriah menghiasi, saat kontingen Kota Bandar Lampung melintas di depan podium yang beranggotakan para wali kota termasuk Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana.

Ketua Dewan Pengurus Apeksi Eri Cahyadi, pun turut memberikan salam kepada rombongan karnaval budaya yang dipimpin kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung, Eka Afriana.

“Karnaval budaya nusantara ini menjadi sarana promosi budaya daerah Lampung ke masyarakat luas Indonesia khususnya masyarakat Kota Balikpapan,” ujar Kepala Disdikbud Bandar Lampung.

Pada karnaval budaya nusantara, pihaknya membawa puluhan peserta lengkap dengan pakaian adat Lampung termasuk pakaian pengantin dari masyarakat Pepadun, Pesisir, dan Melinting.

Termasuk di barisan depan karnaval budaya ini diikuti Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Seraden; Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Dirmansyah; dan pejabat lainnya.

“Kami sangat bersyukur karnaval budaya nusantara yang kami ikuti ini berjalan dengan aman dan lancar. Alhamdulillah juga penampilan kami disambut baik masyarakat setempat,” katanya.

Sementara itu, Ketua Apeksi Eri Cahyadi, mengatakan karnaval budaya nusantara ini menampilkan keragaman budaya di Indonesia. Perbedaan berupa seni, budaya, dan adat, ini memicu kesatuan antarsesama.

“Karnaval budaya ini menunjukkan ketika kita berbeda, maka tetap ada satu kekuatan yang besar, yaitu kekeluargaan yang luar biasa,” ujar Wali Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur itu.

Untuk itu, lanjutnya, acara karnaval budaya ini memberikan manfaat yang baik bagi seluruh masyarakat Indonesia. “Karena itulah, kita disatukan pada karnaval ini,” tutur dia.

Diketahui, karnaval budaya nusantara diikuti sekitar 6.500 peserta dari 69 kota se-Indonesia, itu turut disaksikan Wali Kota Solo sekaligus Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close