PendidikanVideo Smart

Korem 043/Gatam Gandeng Disdikbud Lakukan Penguatan Kurikulum Merdeka

Bagi Guru Yayasan Kartika Jaya

DOK DISDIKBUD BANDAR LAMPUNG

SMARTNEWS.ID – Komando Resort Militer (Korem) 043/Garuda Hitam melalui Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem 043 Cabang II Sriwijaya, berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, melakukan penguatan Kurikulum Merdeka kepada guru SD dan SMP di bawah yayasan setempat, di Aula Sudirman Makorem, Jumat, 5 Juli 2024.

Kegiatan dengan menghadirkan pemateri dari Balai Guru Penggerak (BGP) dan Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung, Cecilia Yuliana, S.E., M.M dan Dr. Rinde Riyana, S.Sos., M.Pd, turut dihadiri Komandan Korem 043/Gatam, Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, S.E., M.M dan Ketua Yayasan Kartika Jaya, Hanny Dwi Yanti.

Kesempatan itu, Danrem 043/Gatam mengapresiasi kegiatan penguatan Kurikulum Merdeka bertemakan Melangkah Bersama Yayasan Kartika Jaya Menciptakan Generasi Emas yang Unggul dan Berkarakter, dengan melibatkan para guru di bawah Yayasan Kartika Jaya dan para guru lain di Kota Bandar Lampung.

“Menurut saya pribadi dan juga jajaran di Lampung, kegiatan ini merupakan kolaborasi sangat baik antara Korem 043/Gatam dan Disdikbud Bandar Lampung. Sehingga kemampuan dari guru di Yayasan Kartika Jaya bisa lebih meningkat hasil dari bertukar kemampuan pada kegiatan ini,” kata Danrem Rikas Hidayatullah.

Kegiatan ini juga, katanya, menjadi tonggak awal dan akan terus dilanjutkan ke depan. “Hasil kegiatan ini nantinya para guru betul-betul dapat mencurahkan kemampuan dalam mendidik para siswa. Mudah-mudahan ke depan Bandar Lampung mampu menciptakan generasi emas untuk menjadi pemimpin di masa mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kartika Jaya, Hanny Dwi Yanti, mengatakan kolaborasi antara pihaknya dan Disdikbud Bandar Lampung dalam hal kegiatan penguatan Kurikulum Merdeka yakni untuk menyamakan visi misi Merdeka Belajar bagi kalangan para guru di bawah Yayasan Kartika Jaya dan guru lain di Bandar Lampung.

“Tak hanya ini, juga dalam waktu dekat kami juga akan mengadakan sharing program unggulan dari masing-masing sekolah. Seperti program unggulan yayasan sendiri ada yang namanya program meningkatkan gemar membaca, gemar menabung, manasik haji, bercocok tanam untuk meningkatkan ketahanan pangan sesuai dengan program TNI,” kata dia.

Program lainnya, sambung dia, pihaknya akan melakukan pendalaman asesmen dan sistem penilaian untuk guru guna memberikan motivasi terhadap guru agar lebih update dalam proses kegiatan belajar mengajar.

“Termasuk melakukan outing class di pantai, batalyon, berkemah, latihan dasar kepemimpinan, dan sebagainya,” tutur dia yang didampingi Wakil Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem/043 Cabang II Sriwijaya, Nimas Dwi Utami itu.

Di kesempatan yang sama, Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd, mengatakan melaksanakan penguatan Kurikulum Merdeka bagi para guru  SD dan SMP di kota berjuluk Tapis Berseri ini, guna menyongsong pembelajaran pada tahun ajaran baru 2024/2025.

Penguatan ini, kata dia yang didampingi Sekretaris dan Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Weka Tri Rakhmad, S.E dan Mulyadi Syukri, S.Sos itu, juga merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kota Bandar Lampung.

“Adanya Kurikulum Merdeka, siswa memiliki kebebasan berfikir dan berekspresi. Bukan berarti tidak perlu adanya pembelajaran, justru guru sangat berperan penting dalam Merdeka Belajar ini, antara lain, guru sebagai pendidik dan mengajar, guru sebagai mediator, guru sebagai pengelola, dan guru sebagai pembimbing siswa,” kata dia.

Diketahui, turut hadir pada pembukaan penguatan Kurikulum Merdeka di Makorem 043/Gatam itu, Kepala SD dan SMP se-Kota Bandar Lampung. (***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close