Perguruan Tinggi

Kukuhkan 11 Guru Besar, Rektor Unila Pinta Jadi Motor Penggerak Penelitian dan Pengabdian

Rekotr Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia, D.E.A., I.P.M., Asean., Eng, saat Rapat Luar Biasa pengukuhan 11 guru besar dan orasi ilmiah, di GSG Unila, Senin, 7 Agustus 2023. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Universitas Lampung (Unila) kukuhkan 11 guru besar baru di lingkungan Unila, pada Senin, 7 Agustus 2023.

Pengukuhan dilangsungkan di Gedung Serba Guna (GSD) Unila, dipimpin langsung Rektor Unila, Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Asean., Eng.

Rektor yang kesempatan itu didampingi Ketua Senat, Prof. Dr. La Zakaria, S. Si., M. Sc, meminta para guru besar tersebut menjadi motor penggerak penelitian dan pengabdian.

“Tentunya, kami berharap para guru besar yang dikukuhkan ini dapat memberi motivasi pada dosen lainnya,” ujar Rektor Unila, saat diwawancarai awak media usai pengukuhan.

Dengan dikukuhkannya 11 guru besar ini, ia mengaku guru besar di Unila mencapai 120 orang. “Target kami pada 2023 ini setidaknya lebih dari 120 guru besar,” ujar dia.

Menurut rektor perempuan pertama di Unila itu, target tersebut sebagai upaya capaian 10 persen dari sekitar 1.200 total dosen di Unila. “Insyaallah tercapai,” kata dia.

Seperti diketahui, guru besar yang dikukuhkan di antaranya lima guru besar FKIP, dua guru besar FP, dua guru besar FMIPA, satu guru besar FEB, dan satu guru besar FT.

Pengukuhan disaksikan sivitas akademika Unila dan para tamu undangan. Pengukuhan ini juga disiarkan online melalui kanal YouTube TIK Unila. (***)


11 Guru Besar Dikukuhkan Unila:

1. Prof. Dr. Chansyanah Diawati, M.Si

Profesor dalam bidang ilmu Media Pembelajaran Kimia dengan judul Orasi “Real Life Problem: Media Pengembangan Sumberdaya Manusia Berkualitas”

2. Prof. Dr. Een Yayah Haenilah, M.Pd

Profesor dalam bidang ilmu Pengembangan Kurikulum dengan judul Orasi “Pedagogi: Prospek dan Tantangan”

3. Prof. Dr. Ir. Rusdi Evizal, M.S

Profesor dalam bidang ilmu Produksi Tanaman Perkebunan Judul Orasi “Pertanian Regeneratif pada Perkebunan Kopi”

4. Prof. Dr. Hendri Busman, M.Si

Profesor dalam bidang ilmu Zoologi Judul Orasi “Ekspresi Protein Penentu Kehamilan Dini Setelah Diinduksi Minyak Atsiri Umbi Teki”

5. Prof. Dr. Sri Hasnawati, S.E., M.E

Profesor dalam bidang ilmu Manajemen Keuangan Judul Orasi “Green Finance Menuju Ekonomi Berkelanjutan: Solusi Mengurangi Perubahan Iklim”

6. Prof. Dr. Dra. Sowiyah, M.Pd

Profesor dalam bidang ilmu Manajemen Mutu Pendidikan. Judul Orasi “Manajemen Pendidikan Inklusif dalam Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus”

7. Prof. Dr. Asmiati, S.Si., M.Si

Profesor dalam bidang ilmu Matematika dengan Judul Orasi “Pelangi di Teori Graf”

8. Prof. Dr. Dyah Indriana Kusumastuti, S.T., M.Sc

Profesor dalam bidang ilmu Teknik Sipil dengan judul Orasi “Peran Teknologi dalam Efisiensi Pengelolaan Infrastruktur Sumber Daya Air: Tantangan dan Strategi di Provinsi Lampung”

9. Prof. Ujang Suparman. M.A., Ph.D
Profesor dalam bidang ilmu Psikologi Linguistik dengan judul Orasi “Pengaruh Aspek Psikologis Terhadap Kemampuan Membaca”

10. Prof. Ir. Akhmad Dakhlan, M.P., Ph.D

Profesor dalam bidang ilmu Produksi Ternak dengan judul Orasi “Genomic Selection, Alternatif Peningkatan Produktivitas Ternak Depan di Indonesia”

11. Prof. Ir. Netti Herawati, M.Sc., Ph.D

Profesor dalam bidang ilmu Statistika Terapan judul Orasi “Mengatasi Data yang Tidak Memenuhi Asumsi Metode Statistik Parametrik”

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close