Humaniora

Madabintal SMKN 6 Ditutup Aksi Bela Diri Taruna Taruni

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) bagi peserta didik atau siswa baru, tahun pelajaran 2019/2020, di SMKN 6 Bandar Lampung, resmi ditutup Kamis (18/7/2019).

Pada penutupan yang juga dihadiri Kepala UPT Wilayah I, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs Sunardi, M.Pd, diisi dengan aksi bela diri dan yel yel oleh seluruh taruna dan taruni baru, sekolah setempat.

Kepala SMKN 6 Bandar Lampung, Weliza, S.P, kepada smartnews.id, Kamis, mengatakan MPLS atau sebutan sekolah masa dasar pembinaan fisik dan mental (Madabintal), di tempatnya diikuti 272 peserta didik baru.

Saat mengikuti penutupan, para taruna dan taruni yang berasal dari delapan kompetensi keahlian, itu masih tampak tetap semangat, kendati telah mengikuti Madabintal di sekolah selama tiga hari, atau sejak Senin (15/7).

“Madabintal merupakan agenda tahunan bagi taruna dan taruni baru di sini. Mereka dilatih banyak hal, baik teori maupun praktik,” ujar dia yang didampingi Wakil Kepala Bidang Manajemen Mutu, Hadi Suwarno, A.Pi, M.Si itu.

Taruna taruni baru SMKN 6 Bandar Lampung, mengucapakan yel yel, saat penutupan Madabintal, di halaman sekolah setempat, Kamis (18/7/2019).

Menurut dia, saat penutupan Madabintal, taruna dan taruni dihadapan warga sekolah, melakukan aksi bela diri dan yel yel secara atraktif, guna membangun semangat kebersamaan, serta kekeluargaan antarsiswa.

“Aksi bela diri yang ditampilan pada penutupan Madabintal, merupakan sarana hiburan sekaligus menunjukkan kekuatan fisik taruna dan taruni. Tidak lupa juga meneriakkan yel yel yang menjadi semboyan siswa di sini,” katanya.

Madabintal Dibimbing Lanal Lampung

Pada Madabintal, menurutnya sekolah menggandeng pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut Lampung. Taruna dan taruni dilatih tentang kedisiplinan, serta membangun karakter dengan pendidikan moral dan etika.

“Banyak hal yang didapat taruna taruni baru saat mengikuti Madabintal, selama beberapa hari kemarin. Termasuk mereka diajarkan tentang peraturan baris berbaris yang benar, serta mengikuti renungan malam,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, SMKN 6 Bandar Lampung berada di Jalan Laksamana R.E. Martadinata, Sukamaju, Telukbetung Timur. Sekolah memiliki delapan kompetensi keahlian, meliputi Teknik Komputer Jaringan.

Nautika Kapal Penangkap Ikan, Teknik Kapal Penangkap Ikan, Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan, Agribisnis Perikanan Air Tawar, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Sepeda Motor, dan Usaha Perjalanan Wisata (YUS)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close