PrestasiRuwa Jurai

Mantap! Tiga Siswa SIJA SMKN 9 Bandar Lampung Raih Juara I, II, dan III Ajang Teknokrat Festival 2023

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – SMK Negeri 9 Bandar Lampung, kembali menggetarkan dunia pendidikan di Provinsi Lampung atas prestasi yang diperoleh sejumlah siswanya.

Kali ini prestasi itu diraih oleh tiga siswa dari Kompetensi Keahlian Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi (SIJA) 4 Tahun pada ajang Teknokrat Festival 2023.

Teknokrat Festival 2023 yang digelar oleh Universitas Teknokrat Indonesia, ketiga siswa SMKN 9 Bandar Lampung, itu masing-masing meraih Juara I, II, dan III.

Ketiganya yaitu M Ilham Alparsy, kelas 13, Juara I Web Blog; Rey Rifa Erlangga, kelas 12, Juara II Basic Programing; dan M Putra Subagja, kelas 13, Juara III Basic Programing.

Atas prestasi yang diraih, ketiga siswa itu mengaku gembira. Sebab, pada festival tersebut diikuti oleh para pelajar dari sejumlah sekolah di Provinsi Lampung.

Seperti diungkap M Ilham Alparsy. Ia saat berlomba didampingi Ketua Jurusan SIJA, Ricky Andreas Tomi, ketika tahu meraih Juara I, tak mampu membendung kegembiraan

Katanya, saat berlomba dalam pembuatan website dengan tema Peran Generasi Muda dalam memperkenalkan pariwisata dan kebudayaan, mampu menambah pengalaman berkompetisi.

“Saya mengambil tema itu sebab cukup menarik. Saya ingin mempromosikan pariwisata dan budaya melalui Musium Lampung. Mungkin itu daya tariknya sehingga Juara I,” ujar Ricky.

Daya tarik lain, katanya, sistem yang dibangun pada menu virtual pengunjung web dapat mengakses langsung sejarah dan budaya Musium Lampung tanpa harus berkunjung ke sana.

“Saya merancangnya seperti masyarakat ingin mengetahui lokasi tententu melalui Google Maps. Seprti itulah model pada perancangan system saya saat lomba,” katanya.

Cerita yang sama juga diungkap Rey Rifa Erlangga dan M Putra Subagja. Keduanya yang sama-sama mengikuti lomba Basic Programing, pun merasakan kebahagiaan tersebut.

Menurut berdua itu, lomba merancang sistem malalui Bahasa Pemrograman C++ merupakan keseruan mendalami ilmu pemrograman yang sebelumnya sudah dipelajari.

“Saat berlomba saya cuma kalah tipis dari Rey sehingga saya meraih Juara III. Kekalahan saya pada efisiensi waktu dan kode, selain itu kami kompetetif,” ujar Putra.

Sementara itu, Ketua Jurusan SIJA 4 Tahun, Ricky Andreas Tomi, S.Kom, mengaku senang tiga peserta didiknya berhasil meraih juara pada Teknokrat Festival 2023.

Tak sulit katanya dalam membimbing para siswa sebelum mengikuti lomba tersebut. Sebab, sebelumnya mereka sudah mengetahui dasar-dasar materi yang dilombakan.

“Selain dibimbing mereka juga belajar secara mandiri. Bila terdapat kesulitan barulah mereka konsultasikan kepada guru pendampingya masing-masing,” ujar dia.

Pada festival tersebut, katanya diikuti lima siswa. Namun yang meraih juara hanya tiga siswa yakni pada Web Blog diraih satu siswa dan Basic Programing diraih dua siswa.

“Untuk dua siswa lainnya saat mengikuti lomba Jarkom, belum beruntung. Meski belum meraih juara, minimal mereka sudah mampu tampil berkompetisi,” katanya.

Mengetahui meraih prestasi, Kepala SMKN 9 Bandar Lampung, Suniyar, M.Pd, mengaku akan terus memotivasi dan mendorong para siswanya untuk terus belajar demi berprestasi.

“Sebagai kepala sekolah, saya harus bisa memunculkan prestasi. Tak hanya pada Jurusan SIJA saja, namun juga pada jurusan-jurusan lain di sekolah ini,” harapnya.

Harapan itu katanya merupakan tantangan bagi sekolahnya. Sebab, prestasi dapat dikejar asalkan seluruh sivitas sekolah kompak dan bekerjasama dengan baik.

“Meski SMKN 9 Bandar Lampung baru berusia 8 tahun dan memiliki keterbatasan, namun kami harus tetap optimis dalam meraih prestasi,” ujarnya.

“Sesuai motto SMK yaitu SMK Bisa, SMK Hebat. Tentunya kami harus seperti itu. Mencapai itu kami akan selalu mengupgrade dan mengupdate SDM demi kemajuan siswa,” lanjutnya.

Prestasi diraih siswa tersebut, kata mantan kepala SMKN 3 Bandar Lampung itu, mampu menjadi pendorong dan motivasi bagi siswa lain untuk ikut berprestasi.

“Dulu tantangan SMKN 9 Bandar Lampung cukup berat, namun kini sudah berkurang. Itu dibuktikannya dengan seringnya siswa kami meraih juara di setiap perlombaan,” katanya. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close