Pemkot BalamVideo Smart

MTQ Ke-50 Resmi Dibuka, Wali Kota Eva Dwiana Ajak Masyarakat Membumikan Alquran

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 tingkat Provinsi Lampung 2023 resmi dibuka, di lapangan Saburai Enggal Kota Bandar Lampung, Selasa malam, 10 Oktober 2023.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, sebagai upaya membumikan Alquran di masyarakat.

Diketahui 2023 ini, Kota Bandar Lampung menjadi tuan rumah MTQ yang dilaksanakan pada 10-15 Oktober 2023 dengan diikuti 601 kafilah dari 15 kabupaten/ kota di Lampung,

Atas kepercayaan sebagai tuan rumah, Wali Kota Eva Dwiana mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung untuk menyelenggarakan MTQ ke-50.

“Kami patut bersyukur Kota Bandar Lampung menjadi tuan rumah kegiatan MTQ ke-50 tingkat Provinsi Lampung,” ujar Wali Kota Eva Dwiana, Selasa malam.

Menurutnya, MTQ ini sebagai salah satu upaya membumikan Alquran serta meningkatkan budaya literasi Alquran di kalangan masyarakat untuk bersinambung dengan baik.

“Harapannya, MTQ ke-50 ini menjadi momentum untuk mewujudkan masyarakat Bandar Lampung dan Lampung umumnya menjadi masyarakat yang qurani dan imani,” ujarnya.

Pelaksanaan MTQ, katanya Kota Bandar Lampung menyiapkan 13 lokasi untuk seluruh peserta MTQ baik kafilah, pendamping, dewan juri dan seluruh panitia.

“Pada pelaksanaan MTQ ke-50 ini juga mengikutsertakan para pelaku UMKM di Kota Bandar Lampung untuk memperkenalkan produk unggulannya di masyarakat,” terang dia.

Tak hanya itu, MTQ meningkatkan pemahaman dan kecintaan kepada kitab suci Alquran. “Juga membangun habluminannas di kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan beragama,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, diantaranya melalui kegiatan MTQ.

“Apalagi kita punya program Lampung mengaji dalam upaya menciptakan kehidupan religius berbudaya, aman, dan damai di Lampung yang memiliki visi Lampung Berjaya,” ujarnya.

MTQ merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar mengagungkan kalam ilahi, meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Alquran bagi umat Islam.

“Oleh karena itu, tema dalam MTQ tahun ini, Dengan MTQ Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023 Kita Wujudkan Generasi Qurani untuk Lampung Berjaya, saya nilai sangat tepat dengan kondisi saat ini,” tuturnya. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close