Humaniora
Pakar CERDAS: Pembelajaran Jarak Jauh Harus Sesuai Kebutuhan
FOTO: ILUSTRASI
SMARTNEWS.ID — Di masa pandemi Covid-19, masih banyak sekolah yang belum menggelar pembelajaran langsung di kelas. Pemerhati pendidikan dari Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS), Indra Charismiadji, mengatakan pembelajaran jarak jaun (PJJ) yang baik harus sesuai dengan kebutuhan.
Pada era sekarang ini, anak sudah bisa belajar di mana saja dan kapan saja,” ujar dia melalui rilisnya, Minggu (9/5/2021).
Dia menambahkan jika pun pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas dilakukan di kelas, guru seharusnya sudah tidak lagi sekadar menerangkan secara satu arah. Kelas seharusnya digunakan sebagai tempat diskusi, kolaborasi, presentasi, hingga tempat berdebat.
“Ini yang kita lihat seperti di kantor Google ataupun Go-jek, tidak ada lagi meja karya. Mereka sudah kerja di mana saja dan kapan saja. Mereka cuma ada ruang rapat dan bebas duduk dimana saja,” tambahnya.
Prinsip belajar sesuai dengan kebutuhan tersebut yang mendorong setiap orang untuk bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Dengan prinsip tersebut, anak tidak harus datang ke sekolah. Tidak ke sekolah, bukan berarti tidak belajar karena semua bisa terdeteksi di sistem manajemen pembelajaran atau LMS.
“Kita gunakan LMS untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan siswa dan berapa lama dia gunakan,” ujarnya.
Indra menjelaskan era manufaktur sudah bergeser ke era digital dan karyawan tidak perlu hadir untuk absen setiap pukul 08.00. Oleh karena itu, siswa harus disiapkan untuk belajar dan bekerja pada era digital.
“Jadi, nanti tidak harus ada yang namanya jadwal pelajaran, cara membangun manusianya memang harus diubah pola pikirnya, terutama para guru. Guru harus ditingkatkan kemampuannya, terutama kemampuan pengajaran pada era siber,” tuturnya. (**)