Pendidikan

Pelajar Kelas 8 SMP Kota Bandar Lampung Mulai Jalani ANBK 2023

Kepala SMPN 25 Bandar Lampung, Nurmalia, S.Pd., M.M (berdiri), saat meninjau pelaksanaan ANBK di sekolahnya, Senin, 18 September 2023. DOK SEKOLAH

SMARTNEWS.ID – Pelajar kelas 8 pada sekolah menengah pertaman (SMP) negeri dan swasta di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, mulai menjalani Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran 2023/2024.

ANBK yang dibagi menjadi dua gelombang, yaitu Gelombang I pada 18-19 September dan Gelombang II pada 20-21 September, itu merupakan program evaluasi yang dilakukan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan teknologi.

Seperti di SMP Negeri 25 Bandar Lampung, berdasar pantauan media ini pada hari pertama pelaksanaan ANBK pada Senin, 18 September 2023 dengan diikuti 45 siswa dan 5 siswa cadangan, berlangsung tertib dan lancar.

Para siswa terlihat mampu mengerjakan soal-soal diberikan yang tertera pada layar monitor komputer di ruang laboratorium komputer sekolah. Dalam pelaksanaan ANBK, sekolah tersebut menyediakan 30 unit komputer.

Kepala sekolah setempat, Nurmalia, S.Pd., M.M, mengatakan setiap siswa akan mengikuti ANBK selama dua hari. Hari pertama siswa akan mengikuti numerasi atau literasi matematika dan literasi membaca. Sedangkah hari kedua survei lingkungan belajar.

“Numerasi yakni menguji kemampuan siswa dalam menggunakan pengetahuan matematika. Literasi membaca menguji kemampuan memahani melalui teks tulis. Sedangakn survei linkungan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung pembelajaran,” katanya.

Penilaian ANBK, ini katanya dilakukan langsung pemerintah pusat. Hasilnya menjadi salah satu indikator penilaian rapor pendidikan pada satuan pendidikan. “Harapannya hasil dari ANBK ini rapor Pendidikan di sekolah semakin meningkat,” kata dia.

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Mulyadi Syukri, S.Sos, mengaku bahwa ANBK jenjang SMP di Kota diikuti 135 satuan pendidikan negeri dan swasta.

Pelaksanaan ANBK yang diikuti siswa setiap harinya dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama dilakukan pukul 07.30-09.40 Wib; sesi kedua pukul 10.40-12.50 Wib; dan sesi ketiga pukul 14.20-16.30 Wib. “Setiapa sesi dilakukan 120 menit,” ujar dia.

Pada hari pertama pelaksanaan ANBK SMP di Kota Bandar Lampung, berjalan tertib, aman, dan lancar. “Alhamdulillah lancar. Listrik aman tanpa kedip, begitu juga jaringan internet di tiap sekolah tanpa ada masalah,” tutur dia. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close