PringsewuRuwa Jurai

Pemkab Pringsewu Bentuk Tim Satgas Saber Pungli

FOTO: SMARTNEWS.ID/ ARIYANTO

SMARTNEWS.ID – Menjadikan Kabupaten Pringsewu bersih dan bebas pungutan liar (pungli), Pemerintah Kabupaten Pringsewu membentuk Tim Saber Pungli dan menyosialisasikan kepada aparatur pemerintah dan masyarakat.

Hal itu diketahui saat Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah, saat membuka sosialisasi Saber Pungli 2023 di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Selasa, 27 Juni 2023.

Dalam sosialisasi itu juga, dihadirkan para nara sumber dari aparat penegak hukum, inspektorat dan diikuti seluruh organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Pringsewu.

Menurut Adi Erlansyah, mencegah dan menjadikan Kabupaten Pringsewu bebas pungli, pihaknya membentuk tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Pringsewu ‘Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Pringsewu.’

Hal itu berdasarakan Keputusan Penjabat Bupati Pringsewu Nomor B/63/KPTS/U.13/2023 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Pringsewu, tanggal 5 Januari 2023.

“Tim Saber Pungli bertugas membangun sistem pencegahan, pemberantasan, koordinasi, dan tangkap tangan bagi para pelaku saber pungli di Kabupaten Pringsewu,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, pungli merupakan salah satu bentuk penyalahgunaan wewenang yang memiliki tujuan untuk memudahkan urusan atau memenuhi kepentingan pihak-pihak tertentu.

Bila hal tersebut dibiarkan begitu saja, pada akhirnya akan menjalar ke hal yang lebih luas lagi. Selain itu, pungli juga mendatangkan dampak negatif bagi kinerja pelayan publik serta profesionalitas perangkat daerah itu sendiri.

“Saya mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Pringsewu untuk tidak terlibat Pungli. Laksanakan tugas baik dalam pelayanan publik, pelayanan jasa, pelayanan administrasi maupun pelayanan lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini semua kita lakukan, agar Kabupaten Pringsewu bebas dari pungli,” katanya. (**)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close