Humaniora

PMI Ajak Pelajar di Lampung Jadikan Donor Darah Sebagai Gaya Hidup

Kadis PPPA Fitrianita Damhuri, S.STP., M.Si, Kabid Kebudayaan Disdikbud Lampung Dra. Heni Astuti, M.I.P, dan Kepala SMAN 9 Bandar Lampung Linda Krisnawati, M.Pd, saat mendampingi salah seorang pelajar menjalani donor darah yang dilakukan di SMAN 9 Bandar Lampung, Senin (17/1/2022). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Lampung, mengajak generasi muda khususnya pelajar berusia 17 tahun ke atas di Provinsi Lampung, menjadikan donor darah sebagai gaya hidup guna menjaga kesehatan tubuh.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindingan Anak Provinsi Lampung, Fitrianita Damhuri, S.STP., M.Si, saat menghadiri kegiatan donor darah yang diikuti pelajar, guru dan tenaga kependidikan (GTK), di SMAN 9 Bandar Lampung, Senin (17/1/2022)

Pembiasaan mendonorkan darah sejak muda, menurutnya yang kesempatan itu mewakili Ketua PMI Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, S.H, memiliki banyak manfaat dan keuntungan, diantaranya membuat tubuh lebih sehat secara psikologis dan memperpanjang usia.

“Donor darah ini sangat banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Dengan menjadi pendonor secara rutin, kita juga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah, serta mencukupi ketersediaan darah di PMI Lampung,” ujarnya.

Sementara Kepala SMAN 9 Bandar Lampung Linda Krisnawati, M.Pd mengatakan, donor darah di tempatnya mencapai 151 pendonor dari 198 pendaftar. Jumlah itu terdiri dari pelajar dan GTK di 8 SMA pada subrayon 19, yakni SMAN 9, SMA IT Baitul Jannah, SMAS DCC Global School, SMA Darma Bangsa, SMA Muhammadiyah 2, SMA Global Surya, SMA IT Quran Qordhova, dan SMA Bina Mulya.

“Berdasarkan data yang masuk, ternyata donor darah ini juga diikuti oleh masyarakat umum yang mengetahui kegiatan ini,” ujar dia yang didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat Dr. Supeno, M.Pd itu.

Pada kegiatan tersebut, katanya, mendapat sambutan positif dari peserta. “Alhamdulillah kegiatan donor darah ini sangat antusias diikuti para peserta. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya donor darah di SMAN 9 Bandar Lampung,” katanya.

Salah satu peserta donor darah, Deka yang juga siswa SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, ini mengaku senang dapat mengikuti donor darah. Katanya, donor darah membuat darah lebih bersih dan tubuh menjadi lebih sehat.

“Donor darah yang saya ikuti hari ini adalah pengalaman yang pertama dan tidak ada kendala. Setelah ini, insyaallah saya akan rutin mendonorkan darah karena donor darah baik untuk kesehatan,” tuturnya.

Diketahui, pada kegiatan donor darah tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Dra. Heni Astuti, M.I.P, serta Ketua IKA SMAN 9 Bandar Lampung Ruslan Effendi. (***)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close