Kepala Sekolah Mengabdi

Program Kepala Sekolah Mengabdi di SMA Negeri 1 Air Hitam Lampung Barat

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – SMA Negeri 1 Air Hitam adalah sekolah yang berada di Kabupaten Lampung Barat tepatnya di Pekon Gunung Terang, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat. Sekolah yang mempuyai luas 5000m2, jumlah peserta didik 69 orang, dengan jumlah guru 18 (enam orang PNS dan dua belas guru honorer), ini merupakan salah satu sekolah sasaran dari lima belas sekolah menengah atas negeri yang berada di Kabupaten Lampung Barat untuk program kepala sekolah mengabdi.

Program kepala sekolah mengabdi ini merupakan salah satu program peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.

Program ini menjadi bagian penting yang dinilai dapat memberikan upaya peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan di Provinsi Lampung yang sebelumnya juga sudah dilaksanakan yaitu program guru mengabdi dan guru magang. Harapannya bahwa program ini akan berdampak positif  bagi sekolah sasaran.

Mengacu pada arah dan tujuan tersebut maka kepala sekolah mengabdi dituntut untuk bisa berbagi praktik baik, bertukar informasi, dan saling menguatkan terkait dengan apa yang sudah dilakukan di sekolah asal.

Seperti yang dilakukan Sunarti, M.Pd, salah satu peserta program kepala sekolah mengabdi dari SMA Negeri 6 Metro. Pada hari pertama menjadi pembina upacara, Senin, 20 Februari 2023, dihadapan peserta upacara ia menyampaikan bahwa upacara bukan hanya acara seremonial saja lebih dari itu adalah pembiasaan karakter terutama disiplin, memberikan motivasi, dan penguatan kepada peserta didik bahwa untuk maju itu membutuhkan perjuangan, kerja keras mulai dari sekarang (orang yang sukses itu bukan orang yang pintar tapi orang yang gigih, pantang menyerah) karakter pantang menyerah/tangguh  ini harus melekat pada pelajar sebagai generasi emas/calon pemimpin masa depan.

Pada hari tersebut, juga berdiskusi dengan kepala sekolah Bapak Drs. Sugeng, M.M, dan sejumlah staf pimpinan terkait dengan kondisi sekolah, dilanjutkan dengan melihat kondisi perpustakaan dan berdiskusi dengan guru BK terkait dengan pembinaan peserta didik.

Kurikulum Merdeka

Tahun pelajaran 2023/2024 SMA Negeri 1 Air Hitam akan menerapkan kurikulum merdeka. Sehingga hari kedua, pada 21 Maret 2023, Sunarti berbagi praktik baik terkait Implementasi Kurikulum Merdeka selama lima jam. Mulai dari Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, modul ajar dan cara merancangnya, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan merancangnya sampai kepada asesmennya.

Menurut Sunarti, seluruh guru harus paham terlebih dulu terkait dengan kurikulum merdeka sehingga tidak terjadi miskonsepsi terutama pada Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Sunarti menyampaikan bahwa guru-guru tidak perlu khawatir dan takut untuk menerapkan kurikulum merdeka ini karena pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan, ristek dan teknologi telah memberikan platform teknologi yang disediakan untuk guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Guru-guru bisa menemukan beragam bahan ajar, buku teks, modul ajar, paket soal contoh-contoh projek, bahkan disediakan pelatihan-pelatihan bagi guru.

Guru-guru terlihat antusias mengikuti  praktik baik ini. Terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang  muncul dari guru-guru seputar penerapan kurikulum merdeka.

Pada kesempatan yang sama, Drs. Sugeng, M.M, selaku kepala SMA Negeri 1 Air Hitam ini menyampaikan terima kasih kepada Dinas pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dengan adanya program kepala sekolah mengabdi ini.

Melalui program ini pada akhirnya guru-guru mendapatkan pencerahan terkait dengan kurikulum merdeka dari Kepala SMA Negeri 6 Metro Sunarti yang sudah lebih dulu  menerapkan Kurikulum Merdeka, sehingga pihaknya siap implementasikan di tahun pelajaran 2023/2024. (SUNARTI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close