UIN Raden Intan Lampung

Rektor UIN Raden Intan Lampung Buka Matsama MAN 1 Bandar Lampung

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. Wan Jamaluddin, Ph.D, melepas balon ke udara sebagai tanda dibukanya Matsama MAN 1 Bandar Lampung, Senin (18/7/2022). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – MAN 1 Bandar Lampung menggelar kegiatan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama) bagi siswa baru tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan diawali dengan apel pagi di halaman setempat, Senin (18/7/2022).

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. Wan Jamaluddin, Ph.D, juga merupakan alumni MAN 1 Bandar Lampung dan didampingi Kepala MAN 1 Bandar Lampung, Hi. Lukman Hakim, S.Pd. M.M, yang ditandai dengan pengalungan Id Card kepada peserta didik dan penerbangan balon.

Menurut Wan Jamaluddin, Matsama merupakan ajang unjuk ketahanan mental, kedisiplinan, mempererat tali persaudaraan antarsiswa baru dengan warga madrasah.

“Saat ini, kalian sudah dinobatkan menjadi bagian keluarga MAN 1 Bandar Lampung. Oleh karena itu, bulatkan tekad, kuatkan tenaga dan teguhkan niat untuk bersungguh-sungguh menuntut ilmu serta mengejar prestasi guna meraih masa depan,” tutur Wan Jamaluddin.

Wan Jamaluddin menegaskan kepada seluruh siswa sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki semangat untuk terus maju dan tidak pantang menyerah untuk mewujudkan cita-cita karena semangat kepemimpinan ada pada generasi muda.

Pada akhir sambutannya, Wan Jamaluddin mengimbau kepada peserta didik MAN 1 Bandar Lampung agar dapat melanjutkan menuntut ilmu di UIN Radin Intan, sebuah kampus yang hijau, bersih dan asri, juga kampus dengan peminat terbesar kedua di Pulau Sumatera.

Ketua Panitia Kegiatan Matsama, Hj. Poppy Novitasari, M.Pd, yang juga pembina OSIS MAN 1 Bandar Lampung menjelaskan kegiatan Matsama akan berlangsung selama 4 hari atau hingga 21 Juli 2022 mengusung tema “Meningkatkan Kemandirian Karakter dan Intelektual Melalui Moderasi Beragama Demi Terwujudnya Pribadi yang Berprestasi dan Berakhlak Mulia”.

Katanya, peserta Matsama akan diberikan pengetahuan tentang kurikulum madrasah, program keterampilan riset, sarana prasarana, moderasi beragama, budaya digital, lingkungan dan budaya madrasah, penguatan karakter, tata cara pembelajaran, cinta tanah air, hidup sehat di masa pandemi dan pemahaman narkoba.

“Hari terakhir kegiatan Matsama panitia akan menetapkan 10 peserta terbaik dan teraktif selama Matsama berlangsung,” pungkasnya.

Kegiatan Matsama dirangkai dengan peletakan batu pertama pembangunan Tugu Alumni oleh Dewan Penasihat Ikatan Keluarga Alumni MAN 1 Bandar Lampung, Prof. Dr. Wan Jamaluddin, Ph.D. Diikuti Wakil Ketua Dewan Penasihat Dr. Idrus Ruslan, Kepala MAN 1 Bandar Lampung, Hi. Lukman Hakim, S.Pd., M.M, Ketua IKA H. Ismet Yadi, M.H, serta Sekjen IKA, Hendrawan, S.Sos. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close