Ruwa Jurai

Unik, Upacara Hardiknas di SMAN 2 Metro Siswa dan Guru Mengenakan Pakaian Adat

Suasana upacara Hardiknas di SMAN 2 Metro, di lapangan sekolah setempat, Jumat (13/5/2022). DOK SMAN 2 METRO

SMARTNEWS.ID – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMAN 2 Metro, Provinsi Lampung, pada Jumat, 13 Mei 2022, di halaman sekolah setempat tampak unik.

Biasanya, siswa, guru, dan tenaga kependidikan mengikuti upacara mengenakan pakaian sekolah dan kerja, namun berbeda dengan Hardiknas 2022 ini, peserta mengenakan pakaian adat.

Berbagai jenis pakaian adat dari sejumlah daerah di Tanah Air, menghiasi lapangan sekolah pada pagi itu. Hanya sejumlah siswa pengibar bendera yang mengenakan seragam Paskibraka.

“Mengenakan pakaian adat pada Hardiknas ini sebagai bentuk menunjukkan keberagaman di Indonesia,” ujar kepala SMAN 2 Metro, Dra. Enie Augus Junaety, M.Pd, usai upacara.

Hardiknas mengusung tema “Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar,” diharapkan mendobrak kebekuan pandemi dan memiliki strata sama dengan pendidikan di negara lain.

“Meski kami memakai pakaian adat yang berbeda-beda, namun kami menginginkan tujuan yang sama, yakni mencerdaskan anak bangsa. Strata inilah yang ingin kami samakan,” katanya.

Menurut dia, Hardiknas harus dijadikan momentum dalam mengintropeksi diri, sekaligus lebih bangkit dan maju untuk memajukan pendidikan, meski melewati berbagai tantangan.

“Kita harus mampu menghadapi tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut mencoba. Seperti Hardiknas ini, kita berani mengenakan pakaian adat, keluar kebiasaan. Ini bagian dari menghadapi tantangan,” kata dia.

Upacara Hardikas ditutup dengan doa yang dibawakan salah satu siswa, usainya sekolah memberikan penghargaaan kepada peserta kreatif dalam mengenakan pakaian adat.

Diketahui, Hardiknas setiap tahun jatuh pada 2 Mei. Namun, tahun ini Hardiknas diperingati pada 13 Mei 2022, disebabkan pada tanggal 2 Mei bertepatan dengan Hari raya Idulfitri 1443 H. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close