Bandar Lampung

Asdep Kemenpora Buka Pramuka Tanggap Peduli Covid-19 di SMPN 35

Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan, Kemenpora, Abdul Rapur, S.I.Kom, M.Si (kiri), disambut anggota Pramuka SMPN 35 Bandar Lampung. Di sana, ia membuka kegiatan Pramuka Tanggap dan Peduli Covid-19. Dok SMPN 35.

SMARTNEWS.ID — Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Kepramukaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Abdul Rapur, S.I.Kom., M.Si, membuka kegiatan Pramuka Tanggap dan Peduli Covid-19, di SMPN 35 Kota Bandar Lampung, Rabu (18/11/2020).

Kegiatan yang digagas Ambalan Jaya Darma Acitya Gugus Depan 08.05.04.063 – 08.05.04.064, itu dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si, diwakili Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Suprihatin, M.Pd.

Kak Rapur — sapaan Abdul Rapur di Pramuka, itu mengatakan kegiatan yang dilakukan kepramukaan SMPN 35 adalah untuk menanggulangi dan meminimalisir penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Menurutnya, di tengah pandemi masyarakat di Bandar Lampung wajib menjalankan protokol 3M sesuai anjuran pemerintah, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir.

“Selain 3M, kebetulan kami dari Kemepora juga mengajak masyarakat untuk berolahraga di tempat terbuka, sekaligus berjemur. Berjemur dapat membentuk vitamin D guna meningkatkan imunitas tubuh,” kata dia.

Dia mengatakan, program ini juga disinergikan ke Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dipimpin oleh Budi Waseso. “Melalui program ini kami memberi bantuan untuk Kwarnas melalui program Pramuka Peduli dengan tujuan menanggulangi Covid-19,” ujarnya.

Menurut dia, program ini tidak hanya dilaksanakan saat terjadinya bencana. Namun, dilakukan setiap waktu. “Ada atau tidak ada bencana, Pramuka tetap melakukan kegiatan yang bersifat mengajak masyarakat, seperti bersih-bersih di daerah yang kumuh,” terangnya.

Tujuan dari hal itu, tambah dia, memberi contoh kepada masyarakat agar tergerak melakukan pola hidup bersih, serta menjaga lingkungan sekitar masyarakat. “Salah satu contohnya agar tidak membuang sampah secara sembarangan,” katanya.

Sementara Kepala SMPN 35 Bandar Lampung, Nurbaiti, M.Pd, menerangkan program Pramuka Tanggap dan Peduli Covid-19, selain untuk warga sekolah juga akan menyasar masyarakat di lingkungan Kecamatan Teluk Betung Utara.

Menurutnya, Tim Covid-19 Pramuka SMPN 35 melalui pasukan Ambalan Jaya Darma Acitya akan membagikan peralatan kesehatan Covid-19, seperti masker, hand sanitizer, hand soap, carian disinfektan, dan penyemprotan, di lingkungan perkantoran.

Insyaallah pembagian peralatan itu dimulai Kamis, 19 November 2020, dengan sasaran seperti kantor kecamatan, kelurahan, Koordinator Wilayah Disdikbud, MIN, Kantor Kelautan dan Perikanan, serta masyarakat sekitar,” ujarnya.

Menurutnya, pengadaan untuk peralatan kesehatan tersebut didanai oleh Kemenpora. “Semua pembelian peralatan kesehatan pada sejumlah item itu dibantu dari Kemenpora. Kami berterima kasih kepada Kemepora yang telah mendukung kegiatan ini,” kata dia. (AMN)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close