ISTIMEWA
SMARTNEWS.ID – Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Provinsi Lampung, Purnama Wulan Sari Mirza, yang diwakili Ketua Pokja PAUD Provinsi Lampung, Agnesia Bulan Rurianti Marindo, menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Pengimbasan Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) jenjang PAUD Taman Kanak-Kanak bertempat di Aula Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung, Rabu, 20 Agustus 2025.
Dalam sambutannya, Agnes menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, peningkatan kapasitas dan kompetensi guru PAUD merupakan langkah strategis dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks dan dinamis.
“Pembelajaran di era sekarang tidak cukup hanya menyentuh aspek kognitif. Guru PAUD juga perlu memperhatikan dimensi afektif dan psikomotorik anak. Konsep pembelajaran mendalam (deep learning) sangat penting untuk mendorong anak berpikir kritis, kreatif, dan reflektif sejak usia dini,” ujarnya.
Agnes juga menekankan pentingnya kolaborasi dan berbagi praktik baik antar guru. Ia berharap semangat inovasi terus dikembangkan dalam lingkungan IGTKI – PGRI Provinsi Lampung.
“Guru adalah ujung tombak dalam pembentukan karakter dan kualitas pendidikan anak usia dini. Karena itu, penguatan strategi pembelajaran yang inovatif dan kontekstual akan memberi dampak besar terhadap kualitas anak didik,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Thomas Amirico, S.STP., M.H., menegaskan bahwa kompetensi guru menjadi kunci dalam mencetak lulusan berkualitas. Ia mencontohkan bahwa keberhasilan siswa masuk perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh bimbingan belajar, melainkan juga oleh kualitas pembelajaran yang diberikan guru di sekolah.
“Guru yang baik harus mampu menjadi pembimbing sekaligus motivator bagi siswanya. Tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga arah dan inspirasi agar anak memiliki cita-cita dan mampu mencapainya,” kata Thomas.
Ia menambahkan, pengembangan kurikulum berbasis proyek serta pendekatan pembelajaran menyenangkan perlu terus diperkuat agar anak-anak tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki karakter, keterampilan motorik, serta etos kerja yang baik.
Kegiatan yang diikuti guru PAUD se-Provinsi Lampung ini diharapkan dapat menjadi momentum penting untuk meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik. Dengan demikian, kualitas pendidikan anak usia dini di Lampung dapat semakin maju dan siap menghadapi tantangan zaman. (***)