Ekonomi & Bisnis

Cabai Merah Melambung Tinggi

DOK.

SMARTNEWS.ID – Meningkatnya daya beli masyarakat akan kebutuhan cabai merah, membuat harga cabai di Kota Bandar Lampung melambung tinggi.

Tidak tanggung-tanggung, kenaikan harga cabai tersebut mencapai 50 persen. Selain permintaan pasar, kenaikan itu juga dipicu oleh stok cabai di tingkat petani menurun.

“Meroketnya harga cabai, banyak faktor. Selain stok di petani menurun juga karena musim hujan,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bandar Lampung, I Kadek Sumartha, Sabtu (26/12/2020).

Dia mengatakan, harga cabai di tingkat petani untuk cabai kriting naik menjadi Rp50 ribu dari Rp25 ribu per kilo. Sedangkan cabai merah besar sekitar Rp20 ribu menjadi Rp55 – Rp60 ribu per kg.

“Cuma itu saja yang naiknya siginifikan. Namun, kenaikan ini dinilai wajar, lantaran meningkatnya daya beli masyarakat. Selain itu, petani yang melakukan panennya jarang,” katanya.

Menurutnya, kembali turunnya harga cabai tersebut diprediksi pada Februari 2021. “Ya, kalau diprediksi harga cabai merah akan kembali normal awal Februari tahun depan,” kata dia.

Berdasar informasi yang dihimpun media ini, harga cabai merah di pasar mencapai Rp100 ribu per kg. Sedangkan ditingkat pengecer, harganya menjadi Rp110 ribu per kg. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close