Humaniora

Guru SMPN 32 Juara I Pemilihan Guru SMP Berpretasi Tingkat Nasional 2019

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Guru SMPN 32 Bandar Lampung Khoiriah, M.Pd mewakili Provinsi Lampung mengikuti Pemilihan Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019, di Jakarta, 13 – 18 Agustus.

Pemilihan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti peserta dari seluruh provinsi di Indonesia, akhirnya berbuah manis. Khoiriah ditetapkan dewan juri sebagai Juara I Guru SMP Berpretasi Tingkat Nasional 2019.

Saat kembali ke sekolah, Khoiriah disambut suka cita oleh sekolah. Sekolah sengaja menggelar upacara dengan mengumpulkan seluruh siswa dan guru di halaman sekolah, guna memberi ucapan selamat kepadanya, Senin (26/8/2019).

Saat berlangsungnya upacara, Khoiriah dengan membawa Piagam Penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, menyerahkan kepada kepala sekolah setempat Dr. Wahono, M.Pd.

Haru bercampur gembira tampak terlihat pada momentum tersebut. Tetesan air mata Khoiriah tidak dapat terbendung, saat ia memberi kata sambutan atas keberhasilannya pada Pemilihan Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional 2019.

“Piagam penghargaan ini saya persembahkan untuk SMPN 32 Bandar Lampung. Tanpa kalian semua, saya tidak ada apa-apanya,” ujar dia dengan nada terbata-bata saat membuka sambutan, dihadapan keluarga besar sekolah.

Sambutan berlangsung singkat tersebut, namun sangat bermakna. Dia mengatakan, prestasi yang diraih bukan hanya miliknya, melainkan prestasi sekolah. “Saya ingin membangun sekolah ini bersama kalian semua,” ujarnya.

Target Tiga Besar

Khoiriah, M.Pd (tengah) menerima ucapan selamat dari Anggota DPR RI M. Guruh Irianto Sukarno Putra, pada Pemilihan Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019, di Jakarta, pekan lalu.

Saat ditemui smartnews.id, di sekolahnya, Senin, Khoiriah menceritakan atas keberhasilannya saat mengikuti Pemilihan Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019. Di awal bercerita, ia tidak menyangka akan terpilih sebagai Juara I.

Menurutnya, saat mengikuti Pemilihan Guru SMP Berpestasi Tingkat Nasional, ia hanya memasang target tiga besar. Hal tersebut dipicu karena melihat peserta lain yang memiliki kompetensi cukup luar biasa, saat berkompetisi.

Bahkan, saat diumumkan oleh dewan juri untuk Juara III dan II, ia sempat meninggalkan lokasi untuk ke kamar kecil, karena menurutnya harapan masuk tiga besar susuai yang ditargetkan, tidak mungkin diperolah.

Namun, Allah berkehendak lain. Sekembalinya dari kamar kecil, ia tercengang karena dewan juri mengumumkan namanya sebagai Juara I Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional 2019. Pecah tangis tak terbendung pada saat itu, menurutnya.

“Setelah diumumkan Juara III dan II, saya tidak ada harapan lagi menjadi juara, karena target saya hanya Juara III. Kebetulan, di saat itu pula saya kebelet ingin ke kamar kecil. Setelah saya kembali, justru nama saya yang menjadi Juara I,” ujar dia.

Dukungan Kepala Sekolah Luar Biasa

Guru SMPN 32 Bandar Lampung, Khoiriah, M.Pd, mengucapkan terima kasih ke pihak sekolah atas keberhasilannya menjadi Juara I pada Pemilihan Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019.

Sebelum mengikuti pemilihan guru berpretasi mulai dari tingkat Kota Bandar Lampung, Khoiriah tidak memiliki ketertarikan untuk hal itu. Namun, atas dukungan Kepala SMPN 32 Wahono, ia akhirnya mencoba mengikutinya.

Menurutnya, peran kepala sekolah terhadap dirinya sangat luar biasa. Mulai dari memberi dukungan moral, hingga memberi motivasi dan bimbingan terkait materi Pemilihan Guru SMP Berprestasi. Kepala sekolah berperan atas keberhasilannya.

“Kendati awalnya tidak tertarik mengikuti, karena mendapat dukungan kepala sekolah dan keluarga, akhirnya saya mencoba. Dan, Alhamdulillah mulai pemilihan dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional, saya berhasil,” terangnya.

Dihadapan kepala sekolah, Khoiriah menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan pada Pemilihan Guru SMP Berpretasi 2019. “Bapak kepala sekolah kami sangat luar biasa. Beliau sosok hebat di mata kami,” katanya.

Khoiriah Terkenal Gigih

Rekan kerja Khoiriah, M.Pd, memberi ucapan selamat kepadanya, atas keberhasilannya menjadi Juara I pada Pemilihan Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019.

Sementara Kepala SMPN 32 Bandar Lampung, Wahono mengatakan, Khoiriah merupakan salah satu guru di tempatnya yang memiliki kegigihan dalam membangun sistem pendidikan berkualitas.

Tidak heran ia, bilamana Khoiriah mampu meraih Juara I pada Pemilihan Guru SMP Berprestasi mulai dari tingkat Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, hingga Nasional. Hal tersebut, menurutnya, buah manis atas kegigihannya.

“Ibu Khoiriah adalah guru yang gigih dalam bidang pendidikan. Seberat apapun rintangan yang dihadapi saat mengikuti pemilihan, namua ia dengan sabar dapat melewatinya. Kami bangga dengan apa yang diraihnya,” ujar dia.

Dia mengatakan, selama Khoiriah mengikuti pemilihan, tidak ada satupun pekerjaan sekolah yang diabaikan. Khoiriah mampu membagi semua pekerjaan dengan skala prioritas. “Termasuk mengikuti Pemilihan Guru SMP Berprestasi,” katanya.

Dengan diraihkan prestasi oleh Khoiriah, menurut Wahono, pihak sekolah semakin termotivasi untuk terus membangun pendidikan lebih baik lagi. Khoiriah merupakan kebanggan sekolah dan masyarakat Lampung khususnya Bandar Lampung.

“Apa yang di peroleh Ibu Khoiriah adalah hasil kerja kerasnya. Beliau menjadi pemacu semangat bagi kami semua di sini,” ujar dia yang juga pernah meraih Juara IV pada pemilihan serupa di tingkat nasional, beberapa tahun lalu itu.

Khoiriah Aset Pendidikan

Di sisi lain, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M.Si mengapresiasi atas capaian prestasi yang diraih Khoiriah pada Pemilihan Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional.

Selain Khoiriah, menurut sekretaris, terdapat pula salah seorang Pengawas SD atas nama Andasia Malyana yang juga meraih Juara I pada Pemilihan Pengawas SD Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019, di Jakarta, pekan lalu.

Kedua orang berprestasi tersebut, menurut dia didampingi Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M itu, merupakan aset bagi Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam bidang pendidikan, sekaligus menjadi kebanggaan masyarakat di Kota Tapis Berseri.

“Atas nama Disdikbud, kami ucapkan selamat kepada Ibu Khoiriah dan Andasia Malyana, sebagai Juara I Pemilihan Guru dan Pengawas Berprestasi Tingkat Nasional 2019. Semoga pendidikan di kota ini semakin maju,” tandasnya. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close