PendidikanPrestasi

Kadisdikbud Bandar Lampung Apresiasi Pemenang FLS2N, OSN, dan O2SN Tahun 2023

Beri Bantuan Uang Pembinaan

Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd, didampingi Sekretaris Hi. Weka Tri Rakhmad, S.E, dan pejabat Disdikbud, berfoto bersama para juara FLS2N, OSN, dan O2SN, di lapangan dinas setempat, Senin pagi, 2 Oktober 2023. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, mengapresiasi siswa SMP di Bandar Lampung memenangi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Sains Nasional (OSN), dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2023.

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi, Kepala Disdikbud Bandar Lampung, Hj. Eka Afriana, S.Pd, mengundang langsung empat siswa meraih juara pada FLS2N, OSN, dan O2SN tingkat nasional yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Adapun siswa berprestasi tersebut, Aura Bintang Ridafa, siswi SMPN 1 Bandar Lampung, Juara I (Emas) pada FLS2N Cabang Lomba Ilustrasi Digital; Juan Lukyanto Chandra, siswa SMP Xaverius I, Juara II (Perak) pada OSN Cabang Lomba Mata Pelajaran Matematika.

Selanjutnya, Muhammad Faddel Qaesar, siswa SMPIT Permata Bunda Bandar Lampung, Juara III (Perunggu) O2SN pada Cabang Olahraga Karate, serta M Zildan Naviz Aliu, siswa SMPN 5 Bandar Lampung, Juara III (Perunggu) O2SN pada Cabang Olahraga Pencak Silat.

“Sebagai rasa bangga kami (Disdikbud Bandar Lampung), adik-adik pemenang lomba kami hadirkan hari ini bersama pegawai dinas, agar ikut merasakan kebahagiaan yang sama seperti adik-adik,” ujar Kadisdikbud di tengah kegiatan apel, Senin pagi, 2 Oktober 2023.

“Ini juga ada sejumlah uang pembinaan dari dinas bagi para pemenang FLS2N, OSN, dan O2SN tahun 2023. Jangan dilihat dari nilainya, ini merupakan salah satu ungkapan rasa bangga kami terhadap adik-adik semua,” sambungnya.

Tak sampai di situ, lanjutnya, Disdikbud Bandar Lampung akan mengabadikan dan memajang foto para pemenang FLS2N, OSN, dan O2SN di lingkungan dinas. “Fotonya akan kami pasang hingga pelaksanaan FLS2N, OSN, dan O2SN tahun 2024,” katanya.

Menurutnya, prestasi diperoleh empat siswa SMP Bandar Lampung pada ajang bergengsi di tingkat nasional, dapat memotivasi seluruh pelajar di kota berjuluk Tapis Berseri untuk ikut berprestasi. “Semoga di tahun mendatang semakin banyak siswa berprestasi,” harap dia.

Tak Sangka Juara I FLS2N

Sementara peraih medali emas FLS2N cabang lomba Ilustrasi Digital yang juga siswi SMPN 1 Bandar Lampung, Aura Bintang Ridafa, mengaku senang dan bersyukur karena telah menjadi salah satu pemenang pada FLS2N yang digelar pada 14-19 Agustus 2023.

Menurut siswi berparas cantik itu, dirinya sempat tidak percaya saat dinobatkan sebagai Juara I pada FLS2N untuk cabang lomba Ilustrasi Digital. “Awalnya kaget, namun kata dewan juri seni lukis yang saya hasilkan memenuhi seluruh unsur yang disyaratkan,” ujar dia.

Aura mengatakan, lukisan mengambil tema Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi, menggambarkan sebuah cerita anak remaja atau pelajar berprestasi. Di lukisan itu, pelajar tersebut seraya berlari menggenggam piala dan medali di tangannya.

“Lukisan seni yang saya gambar itu, saya ibaratkan ada seorang pelajar berprestasi di Kota Bandar Lampung. Tak disangka, gambar itu ternyata mengantarkan saya meraih medali emas. Saya sangat bersyukur bisa juara,” ujar dara berhijab itu.

Saat melukis, ia mengaku menggunakan aplikasi Ibis Paint X sebagai medianya. “Dewan juri membolehkan peserta untuk memilih aplikasi untuk melukis, pilihannya ada Adobe Photoshop, tapi saya lebih familiar dengan Ibis Paint X,” kata dia. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close