Ruwa Jurai

Kadisdikbud Lampung Buka Seminar Nasional Acfion di UM Metro

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M, mewakili Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo, M.Si, membuka Seminar Nasional Accounting Fun Competition (Acfion) 2019, di Universitas Muhammadiyah Metro, Rabu (27/3/2019).

Seminar nasional yang digagas Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis kampus setempat, bertajuk Membangun Generasi Berprestasi Tanggap Revolusi Industri 4.0, itu dihadiri Rektor UM Metro Prof. DR. Karwono, M.Pd, sejumlah nara sumber, serta ratusan mahasiswa dan pelajar daerah setempat.

Dalam pembukaannya, Drs. Sulpakar, M.M mengatakan, di era revolusi industri 4.0, generasi muda dihadapkan dengan sejumlah persoalan pelik, sehingga generasi perlu membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang memadai, agar tantangan zaman dapat dilalui dengan baik.

Melalui seminar nasional Acfion yang digagas UM Metro, menurutnya merupakan salah satu sarana membuka cakrawala berfikir serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia pada gernerasi milenial, dalam menjawab tantangan khususnya di bidang akuntansi.

“Kita ketahui bersama, era revolusi industri 4.0 generasi muda dihadapkan dengan sejumlah persoalan, terlebih pengetahuan akuntansi. Bila tidak siap menghadapinya, maka akan tertinggal dari negara lain. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan yang luas dan mendalam, mengenai konsepnya,” ujar dia yang disambut tepuk tangan para peserta seminar itu.

Dalam membangun generasi berprestasi tanggap revolusi industri 4.0, menurutnya harus direncanakan dengan baik, serta memiliki program kerja terencana dan berkesinambungan. Hal tersebut dilakukan, guna memberi jawaban atas persoalan yang dapat menghampiri generasi saat ini.

“Dalam meraih generasi berprestasi, program kerja terencana dan berkesinambungan adalah solusinya. Karena hal itu sangat membantu generasi dalam mengembangkan potensinya secara optimal, terlebih di era digital seperti saat ini yang semuanya serba cepat dan tanpa batas,” katanya.

Sementara itu Rektor UM Metro menjelaskan, seminar nasional Acfion digelar di tempatnya dilatarbelakangi oleh tuntutan perkembangan zaman, guna mewujudkan generasi cerdas, berintegeritas, dan mampu bersaing di era revolusi industri.

Indonesia menurutnya mempunyai peluang besar menjadi negara maju, karena memiliki bonus demografi berlimpah dengan jumlah lebih banyak populasi usia produktif, sehingga menjadi potensi besar dalam membangun bangsa.

“Seminar nasional Acfion adalah pintu masuk dan pengetahuan bagi generasi muda untuk mengetahui seperti apa perkembangan perekonomian bangsa kita. Seminar ini juga membangun generasi kompetitif dan melek dunia industri,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close