Humaniora

Mantap! SMKN 6 Bandar Lampung Bergerak Cepat Atasi Gangguan UNBK

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dihari ke-3, di SMKN 6 Bandar Lampung diwarnai dengan pemadaman listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN), Rabu, (27/3/2019). Padamnya listrik disebabkan pohon tumbang dan menimpa kabel listrik hingga terputus, di Kelurahan Sukamaju, Telukbetung Timur.

Namun, persoalan tersebut dapat segera diatasai sekolah, dengan menghidupkan mesin genset sebagai pengganti aliran listrik dari PLN. Pelaksanaan ujian akhirnya berjalan lancar, seluruh peserta mengikuti dengan baik dan tenang, kendati di sesi pertama ujian, sempat terjadi gangguan pada server di salah satu ruang laboratorium komputer.

Ketenangan yang dirasakan para peserta ujian saat listrik padam, atas upaya civitas akademika sekolah dalam membangun kepercayaan diri siswa dengan memberikan pemahaman atas peristiwa tersebut. Di hari ke-3  ujian ini, siswa mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Inggris.

KepalaSMKN 6 Bandar Lampung, Salahudin, S.T., M.Pd mengatakan, padamnya listrik di sekolah yang beralamat di Jalan RE Martadinata Telukbetung Timur, saat pelaksanaan UNBK, di luar kemampuan manusia yang tidak dapat dihindari disebabkan oleh faktor alam atau force majeure.

Mengetahui listrik PLN padam, menurut dia pihak sekolah bergerak cepat mengambil langkah dengan menghidupkan mesin genset berkapasitas 35 ribu watt, sebagai pengganti arus utama listrik PLN, yang telah dipersiapkan di lingkungan sekolah.

“Pemadaman listrik tidak hanya terjadi pada sekolah, tetapi juga masyarakat sekitar. Hal itu diakibatkan pohon tumbang yang menimpa kabel listrik, sehingga aliran listrik terputus. Kejadian ini adalah peristiwa yang tidak dapat dihindari,” ujar dia kepada smartnews.id, Rabu (27/3/2019).

Kendatiujian melalui aliran listrik mesin genset, namun menurutnya tidak tampak kegelisahan pada peserta ujian. Siswa mampu melaksanakan ujian dengan tertib, kendati salah satu laboratorium komputer terjadi gangguan server, sehingga pelaksanaan ujian terpaksa diundur 2 jam dari jadwal yang ditentukan.

“Kami di sini menyediakan dua laboratorium komputer dengan masing-masing terdapat 37 peserta. Dampak listrik padam, satu server mengalami gangguan, sehingga sekolah menggantinya dengan server cadangan. Dalam proses itu, terpaksa satu lokal ujiannya diundur, tetapi kami pastikan seluruh siswa mengikuti ujian hari ini,” katanya.

Persoalan tersebut menurutnya, telah dikomunikasikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dan dikoordinasikan ke panitia helpdesk UNBK. “Setelah tahu listrik padam dan terjadi gangguan pada salah satu server, kami langsung sampaikan ke pimpinan dan panitia UNBK Bandar Lampung,” kata dia.

Sementara itu Kepala Disdikbud Lampung Drs. Sulpakar, M.M menerangkan, listrik padam di SMKN 6 Bandar Lampung bukan faktor kesengajaan, melainkan faktor alam yang tidak dapat dihindari. Namun menurutnya, pihak PLN telah memperbaiki, agar listrik dapat menyala kembali.

“Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa terjadinya mati listrik di SMKN 6 hari ini. Hal itu di luar perkiraan manusia. Tetapi sebelum itu terjadi, sekolah telah mengantisipasinya dengan menyiapkan mesin genset, agar ujian dapat berjalan lancar, walaupun listrik PLN padam,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close