Perguruan Tinggi

Ketua Komisi IV DPR RI Apresiasi Pencanangan Gerakan Nasional Lada Lampung dan Tabur Benih Ikan di Unila

Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E,  bersama Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M, dan stakeholder, saat menabur benih ikan air tawar di Embung B Unila, Kamis, 9 Februari 2023. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, S.E, mendukung dan apresiasi Pencanangan Gerakan Nasional Lada Lampung dan Tabur Benih Ikan, di Embung B, Universitas Lampung.

Kata Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung itu, gerakan nasional ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga bisa menjadi subjek penelitian, pelestarian, dan wahana pembelajaran mahasiswa.

“Saya menyambut baik gerakan ini. Program ini bagian dari green and clean di lingkungan Unila,” ujar dia saat menghadiri pencanangan gerakan tersebut, di Unila, Kamis, 9 Februari 2023.

Menurutnya, gerakan yang merupakan hasil kerja sama antara pihaknya dan Unila, serta didukung Bappedas, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Perikanan, bentuk sinergi bersama stakeholder.

Diketahui, gerakan nasional di Unila ini dilakukan penanaman bibit lada perdu sebanyak 1.500 batang; tebar benih ikan air tawar, seperti jelabat, nila, dan baung sebanyak 250.000 benih.

Kemudian, penanaman pohon buah sebanyak 500 batang yang terdiri dari alpukat siger sebanyak 375 batang, kelengkeng sebanyak 25 batang, dan pinang betara sebanyak 100 batang.

Sementara, Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M, mengatakan gerakan nasional menanam lada dan tabur benih ikan menumbuhkan kembali kejayaan lada sekaligus meningkatkan budidaya air tawar di Lampung.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi pelopor dalam mengembalikan kejayaan Lampung sebagai tanah lado sekaligus salah satu upaya meningkatkan potensi embung sebagai media budidaya air tawar,” ujarnya.

Prof. Lusi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Komisi IV DPR RI serta seluruh OPD yang telah memberi kesempatan dan dukungan penuh Unila untuk terus mewujudkan cita-cita, pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

Diketahui, hadir pada gerakan tersebut, Plt. Ketua LPPM Unila Rudy, S.H., LL.M., LL.D; Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Kementerian Pertanian Dirjen Perkebunan Ardi Praptono, A.K., M.Sc; Direktur Pakan dan Obat Ikan Ir. Ujang Komarudin A.K., M.Sc.

Kemudian, perwakilan Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan; kepala Badan Standardisasi Instrumen Pertanian; kepala BPDAS Wayseputih Waysekampung; serta perwakilan Balai Pakan Air Tawar Jambi.

Selanjutnya juga diikuti Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Ir. Murhadi, M.Si; Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes; dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close