Perguruan Tinggi

Mahasiswa KKN Unila di Tulang Bawang Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah Ketahanan Pangan

DOK

SMARTNEWS.ID – Mahasiswa KKN Desa Penawar Baru, Gedung Aji, Tulang Bawang pada Minggu, 4 Februari 20254, melakukan pemanfaatan lahan pekarangan rumah dengan menanam benih sayuran di polybag. Kegiatan digelar bersama dengan PKK Desa Penawar Baru dalam menyelenggarakan kegiatan penanaman benih di polybag sebagai pemanfaatan lahan pekarangan.

Annisa Lathifah sebagai ketua pelaksana mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk pemanfaatan lahan pekarangan juga menambah ketahanan pangan. Kegiatan dilaksanakan agar warga bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam benih yang nantinya menghasilkan dan untuk ketahanan pangan dengan mengurangi penggunaan pupuk kimia.

“Kita menanam dengan benih kecil dan benih besar, untuk benih besar bisa langsung ditanam di polybag sementara untuk benih kecil dengan menyemai menggunakan daun pisang yang dibentuk tabung,” tambah Annisa.

Benih yang ditanam meliputi benih cabai, kangkung, pakcoy, dan sawi, nantinya bisa dipanen dan diserahkan ke tim PKK untuk dikonsumsi bersama ataupun dijual.

Ketua PKK Desa Penawar Baru Maryati mengatakan, dengan kegiatan ini berguna untuk tim PKK memiliki pengalaman lebih luas. Kegiatan ini membantu tim penggerak PKK dalam memanfaatkan lahan pekarangan dan juga menumbuhkan tali silaturahmi antaranggota PKK.

Jumiati merasa senang dengan adanya kegiatan ini yang menambah wawasan masyarakat Desa Penawar Baru. “Senang sekali karena dengan adanya mahasiswa KKN yang mengadakan kegiatan ini kami menjadi tahu dan bisa melakukan penanaman benih di polybag, juga menambah pengalaman,” ungkapnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close