Perguruan Tinggi

Mahasiswi Unila Astia Revita Mengenal Budaya Solo di UNS Lewat Program PMM

ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID –  Mahasiswi Universitas Lampung (Unila) Astia Revita, berkesempatan belajar di Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) periode ketiga.

Mahasiswi jurusan agribisnis ini berhasil lolos program PMM melalui beberapa proses seleksi yang terdiri dari seleksi berkas, tes kebinekaan, Value Clarification and Attitude Transformation (VCAT), dan psikologi.

Melalui program PMM yang berlangsung selama satu semester ini, Astia ingin menambah pengalaman dan wawasan nusantara serta keluar dari zona nyaman untuk tinggal dan belajar jauh dari tempat ia berasal.

“Dengan program ini saya ingin mengasah mental untuk membuka mata dan berani melangkah menambah pengalaman dari hal-hal positif agar dapat terus mengembangkan diri,” pungkasnya.

Rutinitas kegiatan yang ia lakukan selama program PMM ini sama seperti perkuliahan biasanya yakni dari hari Senin hingga Jumat.

Hal yang tidak biasa ialah Modul Nusantara yang harus dilaksanakan, yakni menuju tempat bersejarah untuk belajar serta mengenal lebih jauh budaya Jawa Tengah, khususnya Kota Solo.

“Setiap Modul Nusantara berlangsung, saya merasa terkagum-kagum akan keindahan Indonesia dari setiap sudut Kota Solo, mulai dari batik, makanan, dan lingkungan yang begitu menyenangkan,” ujarnya penuh haru.

Tak hanya belajar budaya Solo, Astia belajar mengenal budaya lainnya dari ujung Papua hingga ujung Sumatra.

“Saya satu asrama dengan mahasiswa PMM lainnya. Hal itu membuat saya belajar untuk terus mengedepankan toleransi dan menyematkan kebinekaan di setiap harinya sehingga dapat saling menghargai perbedaan satu sama lain,” ungkapnya.

Astria berharap, program PMM dapat membantunya untuk terus berkembang dan mampu mengimplementasikan hal-hal baik dalam setiap langkah perjalanannya di program ini.

“Selama menjalani program PMM kami selalu dibimbing dengan dosen dan liaison officer (LO) yang sangat baik. Terima kasih juga untuk jurusan agribisnis serta Unila karena sudah memudahkan kami mengikuti program Kampus Merdeka,” ujarnya. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close