Pendidikan

Operator dan Kepala SD Se-Kota Bandar Lampung Ikut Sosialisasi ANBK 2023

DOK DISDIKBUD BANDAR LAMPUNG

SMARTNEWS.ID – Ratusan peserta terdiri dari operator dan kepala sekolah dasar (SD) negeri dan swasta se-Kota Bandar Lampung, mengikuti sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), di SDN 2 Rawa Laut, pada 22-23 Agustus 2023.

Sosialisasi dihadiri Plt Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung, Mulyadi Syukri, S.Sos dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) SD Bandar Lampung, Kusrina, M.Pd, untuk mempersiapkan ANBK tahun 2023.

“Mengumpulkan operator dan kepala SD se-Bandar Lampung untuk mengikuti sosialisasi ANBK, agar penyelenggaraan ANBK di Bandar Lampung tahun 2023 berjalan sesuai harapan,” ujar Kusrina, Rabu, 23 Agustus 2023.

ANBK ini, ujarnya, merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Pada asesmen nasional nantinya, kata Plt Kepala SDN 2 Rawa Laut itu, akan dilaksanakan dengan tiga instrumen yaitu asesmen kompetensi minimum (AKM literasi, numerasi), survey karakter dan survey lingkungan belajar.

“Sementara untuk peserta ANKB jenjang SD sederajat pada masing-masing sekolah adalah siswa kelas 5 dengan 30 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Sedangkan tahun 2023 ini, ANBK insyaallah dilakukan pada Oktober 2023 mendatang,” ujar dia.

Selain sosialisasi ANKB, tambah Kusrina, para peserta tersebut juga sekaligus mengikuti sosialisasi tentang Rapor Pendidikan dan Perencanaan Berbasis Data yang disampaikan oleh nara sumber dari Disdikbud Bandar Lampung.

“Pemateri kegiatan selama 2 hari ini ada Koordinator Pengawas Bapak Drs. Bustami, M.Pd dan pegawai Disdikbud Bapak Suwanto, Komang Puspa, S.H, Hadi Sureken, S.Kom, serta Febriyanto dari SMPN 16 Bandar Lampung,” kata Kepala SDN 1 Palapa Bandar Lampung itu.

Sementara salah satu peserta yang juga Kepala SDN 2 Rajabasa Dra. Hj. Harmiyati, M.Si, menyambut baik dengan dilaksanakan sosialisasi tentang ANBK, Rapor Pendidikan dan Perencanaan berbasis Data yang dilakukan Disdikbud Bandar Lampung.

Sosialisasi ini, katanya dapat menambah pengetahuan para operator dan kepala SD se-Bandar Lampung, terlebih dalam memajukan pendidikan di Kota Bandar Lampung. “Banyak hal yang kami peroleh dari sosialisasi ini,” kata dia.

Diketahui, sosialisasi tersebut dibagi menjadi dua hari. Hari pertama pada 22 Agustus 2023 diikuti peserta dari Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Tanjungkarang Barat, Tanjungkarang Timur, Enggal, Bumi Waras, Telukbetung Selatan, Telukbetung Utara, Telukbetung Timur, Telukbetung Barat, dan Panjang.

Sedangkan di hari kedua pada 23 Agustus 2023, diikuti peserta dari Kecamatan Langkapura, Kemiling, Rajabasa, Way Halim, Kedaton, Sukarame, Sukabumi, kedamaian, Labuhan Ratu, dan Tanjung Senang. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close