Pemkot Balam

Pagelaran Seni Budaya Sambut Dua Dekade Sanggar Tapis Berseri Sangat Meriah

Eva Dwiana: Dikenal Hingga Manca Negara

FOTO: DISDIKBUD BANDAR LAMPUNG/ ARYA MAULANA.

SMARTNEWS.ID – Pagelaran Seni Budaya Sanggar Tapis Berseri Bandar Lampung yang digelar di Aula Semergou lingkungan Pemerintah Kota Bandar Lampung, pada Jumat malam, 8 Maret 2024, sukses digelar.

Pagelaran yang saksikan ratusan pasang mata seperti Wali Kota Eva Dwiana, Forkopimda, para staf ahli dan asisten, kepala badan dan OPD, kepala TK, SD dan SMP, serta tamu undangan, sangat tampil memukau.

Bahkan, tepuk tangan meriah dari penonton yang memadati aula itu, selalu menghiasi selama pagelaran. Tak terkecuali Wali Kota Eva Dwiana, yang ikut larut menikmati selama suasana pagelaran tersebut.

Sanggar Tapis Berseri di bawah binaan Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, ini tampil sangat meriah di hadapan penonton. Pagelaran seni budaya ini adalah dalam rangka menyambut dua dekade sangar.

Sanggar Tapis Berseri yang berdiri sejak 2005 lalu, ini beranggotakan para peserta didik, guru dan tenaga kependidikan, serta pegawai di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung.

Pada pagelaran seni budaya tersebut, menampilkan tari-tarian dari daerah Lampung, solo song, paduan suara, serta persembahan lagu dari Wali Kota Eva Dwiana yang diiringi oleh Band D’bud.

“Sangat luar biasa Sanggar Tapis Berseri yang akan memasuki dua dekade ini. Bunda Eva (sapaan Eva Dwiana) sangat bangga dengan kiprah yang sudah lakukan sanggar selama ini,” kata Wali Kota Eva Dwiana.

Ia berharap, sanggar tersebut mampu memberikan yang terbaik bagi masyarakat. “Bunda berharap sanggar ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun juga hingga manca negara,” harapnya.

Kesempatan itu, ia juga mengajak Sanggar Tapis Berseri berperan aktif memeriahkan HUT ke-342 Kota Bandar Lampung di tahun ini. “Kalau bisa penampilan seni budaya juga memperoleh rekor Muri,” harapnya.

Ia kembali berharap, Sanggar Tapis Berseri ke depan lebih berkibar, sehingga kiprahnya tidak kalah dengan seni budaya dari daerah lain. “Bunda Eva ucapkan selamat atas kiprahnya Sanggar Tapis Berseri,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Bandar Lampung Hj. Eka Afriana, S.Pd, mengatakan pagelaran seni budaya ini diikuti 82 pelajar SMP negeri se-Bandar Lampung. Sejumlah pelajar itu kemudian dibagi menjadi 4 tim.

Masing-masing tim terdiri dari 12 penari, 9 pemusik yang sebelumnya dilatih oleh 2 pelatih tari dan 2 pelatih musik sejak 5 Februari hingga 5 Maret di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebanyak 4 tim tersebut, membawakan Tari Rampak Ketipung, Tari Tupping, Tari Rampak Melayu, dan Tari Panjak Minjak dengan property pendukung dan alat musik dari Sanggar Tapis Berseri dan satuan pendidikan.

Para pelajar yang tampil menghibur penonton pada malam ini, kata dia, merupakan unjuk karya dan kreativitas, dalam rangka mengibarkan Sanggar Tapis Berseri di mata masyarakat luas Tanah Air.

Sebab, tujuan dari kegiatan ini untuk mencari bibit seniman sebagai penerus seni budaya, meningkatkan kreativitas seni di kalangan seniman, dan memacu semangat untuk terus mencintai budaya dan tradisi daerah.

Selain itu, sambung dia yang juga Pelaksana Tugas Asisten III Pemerintah Kota Bandar Lampung ini, para pelajar tersebut juga merupakan generasi penerus Sanggar Tapis Berseri Kota Bandar Lampung.

Tak sampai di situ saja, sebagai bentuk eksistensi Sanggar Tapis Berseri terlebih menyongsong dua dekade itu, kini katanya juga telah dibentuk Band D’buds yang beranggotakan 5 orang dan vokalis 5 orang.

Lebih lanjut, katanya, Sanggar Tapis Berseri juga memiliki Grup Paduan Suara yang beranggotakan 37 orang, terdiri dari guru, staf pada satuan pendidikan negeri dan swasta di lingkungan Disdikbud Bandar Lampung.

“Tak hanya itu, para personel yang baru bergabung pada Sanggar Tapis Berseri juga akan dikukuhkan sekaligus diberikan kartu tanda anggotanya secara simbolis oleh Wali Kota Bandar Lampung,” ujarnya.

Diketahui, grup paduan suara ini sudah pernah tampil mengisi kegiatan Roadshow KPK pada 2022, peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Jakarta pada 2022, MTQ Tingkat Kota Bandar Lampung pada 2022 dan 2023, HUT Kota Bandar Lampung tahun 2022 dan tahun 2023, dan MTQ Provinsi pada 2023. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close