Pendidikan

Perkusi Rampak Galon P5 SMPN 34 Bandar Lampung Meriahkan HUT Ke-78 RI

Sekitar 420 siswa kelas 7 dan 8 SMPN 34 Bandar Lampung, saat mengikuti perkusi rampak galon dalam rangka unjuk karya P5 sekaligus untuk memeriahkan HUT ke-78 RI, di sekolah setempat, Rabu, 16 Agustus 2023. DOK SEKOLAH

SMARTNEWS.ID – Bunyi dentuman galon yang ditabuhkan serentak oleh sekitar 420 siswa SMPN 34 Bandar Lampung, membentuk irama merdu saat mengiringi lagu berjudul ‘Pelajar Pancasila’ pada unjuk karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Rabu, 16 Agustus 2023.

Para siswa dari kelas 7 dan 8 itu tampak semangat dan gembira menambuhkan galon dengan menggunakan sepasang stik drum di tangan. Kekompakan perkusi rampak galon itu menandakan bahwa kolaborasi antar-siswa dalam unjuk karya P5 sukses digelar.

Kesuksesan para siswa pada perkusi rampak galon sebagai unjuk karya P5 yang menjadi hasil dari pembelajaran awal Kurikulum Merdeka tahun ajaran 2023/2024, ini membawa kebahagiaan bagi guru dan tenaga pendidikan SMPN 34 Bandar Lampung.

Bahkan, kepala sekolah setempat Dr. Hj. Rita Ningsih, M.M, pun mengaku berdiri bulu romanya saat mendengarkan irama yang dihasilkan dari dentuman galon pada unjuk karya P5 yang mengusung tema Bhineka Tunggal Ika – Berkebhinekaan Global.

“Merinding saya mendengar irama yang dihasilkan pada kegiatan perkusi rampak galon yang dibawakan sekitar 420 siswa kelas 7 dan 8 pada unjuk karya P5 Kurikulum Merdeka,” ujar Rita Ningsih, usai kegiatan di sekolahnya Rabu, 16 Agustus 2023.

Unjuk karya P5 dengan mempersembahkan perkusi rampak galon, kata Rita Ningsih yang didampingi Ketua P5, Nilawati Idrus, M.Pd, itu semakin meriah karena bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia tahun 2023.

“P5 yang pertama di tahun ajaran 2023/2024 ini sengaja kami laksanakan bertepatan dengan HUT RI 2023. Hal itu dilakukan sekaligus untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada siswa, terlebih mereka semua mengenakan seragam merah putih,” kata dia.

Dalam menyukseskan unjuk karya P5 dengan menampilkan perkusi rampak galon, tambah Rita Ningsih, pihaknya menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung untuk melatih. “Pelatihnya Bapak Sandro Yuda, S.Pd,” katanya.

Sementara itu, Sandro Yuda mengaku tidak kesulitan untuk melatih siswa pada perkusi rampak galon. Sebelum tampil, kata pegawai pada Bidang Kebudayaan Disdikbud Bandar Lampung, membutuhkan waktu selama 10 hari untuk berlatih.

“Saya menilai para siswa SMPN 34 Bandar Lampung cukup mudah untuk melatihnya. Saat berlatih pun mereka sangat antusias mengikutinya, sehingga saat tampil pada unjuk karya P5 bunyi yang dihasilkan pada perkusi rampak galon terdengar merdu,” kata dia.

Seperti diketahui, selain perkusi rampak galon, menyambut HUT ke-78 RI, SMPN 34 Bandar Lampung juga menggelar sejumlah perlombaan yang diikuti siswa dan guru, seperti lomba estafet sarung, tebak kata, olahraga futsal, dan sebagainya. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close