Ruwa Jurai

Program Roadshow MKKS SMK Petakan Jalan Pengembangan Pendidikan SMK di Lampung

Kegiatan roadshow MKKS SMK di Kabupaten Mesuji. ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID – Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Provinsi, Kabupaten/ Kota se-Provinsi Lampung, menggagas program roadshow ke SMK-SMK di Sai Bumi Ruwa Jurai.

Program roadshow SMK pada awal pekan ini, Minggu (18/9) – Selasa (20/9), perwakilan MKKS SMK provinsi dan 15 kabupaten/ kota atau sebanyak 40 peserta, mengunjungi sejumlah SMK di Kabupaten Mesuji.

Roadshow yang dipimpin langsung Ketua MKKS SMK Provinsi Lampung, Drs. Moh Edy Harjito, disambut hangat oleh Penjabat (Pj) Bupati Mesuji, Drs. Sulpakar, M.M, beserta jajaran.

Bahkan, Pj Bupati Mesuji yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas program roadshow MKKS itu.

“Atas nama Disdikbud Lampung dan Pemda Mesuji, kami tentu sangat bangga program roadshow SMK yang digagas oleh MKKS SMK se-Lampung,” ujar Sulpakar, Senin (19/9/2022).

Menurut mantan Pj Wali Kota Bandar Lampung dan Pjs Bupati Lampung Selatan itu, program roadshow MKKS SMK merupakan bentuk perhatian dan sinergi terhadap SMK.

Terlebih, sambungnya, Mesuji merupakan salah satu kabupaten termuda di Lampung yang masih banyak kekurangan baik dari segi sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia (SDM).

“Di Mesuji IPM (Indeks Pembangunan Manusia, Red) masih rendah. Lewat program roadshow MKKS SMK ini diharapkan dapat memotivasi teman-teman SMK dalam meningkatkan mutu pendidikan dan SDM-nya,” ujar dia.

Ia berharap, program roadshow MKKS SMK tak hanya sebagai ajang pertemuan antar-SMK semata, namun dapat memberikan masukan-masukan yang berarti bagi kemajuan SMK.

“Program ini juga dijadikan ajang pendampingan, bimbingan, sekaligus memotivasi SMK agar ke depan SMK-SMK di daerah kualitasnya dapat sejajar dengan di kota,” tutur dia.

Di tempat yang sama, Kapala Bidang Pembinaan SMK Disdikbud Lampung, Dra. Zuraida Kherustika, M.M, menambahkan program roadshow MKKS SMK menjadi pionir di Lampung.

Katanya, program roadshow MKKS SMK ini akan menyasar seluruh SMK-SMK di Lampung. “Usai dari Mesuji, MKKS SMK akan mendatangi SMK-SMK daerah lain yang ada di Lampung,” ujarnya.

Sementara Ketua MKKS SMK Provinsi Lampung, Moh Edy Harjito, menjelaskan bahwa program roadshow MKKS SMK akan mengagendakan sejumlah kegiatan pada SMK yang dikunjungi.

Diantaranya, memberikan sosialisasi dan pendampingan tentang peta jalan atau road maps SMK, meliputi pengembangan kerja sama SMK dengan Industri dan Dunia Kerja (Iduka), menyinkronisasikan kurikulum.

Kemudian, tentang magang guru di Iduka, menghadirkan guru tamu dari Iduka ke SMK, revitalisasi sarana prasarana, sertifikat kompetensi sebagai guru kejuruan maupun sebagai Assesor, LSP P1, teaching factory, BLUD, dan keterserapan lulusan.

“Tentunya banyak hal yang kami sampaikan kepada rekan-rekan SMK pada roadshow MKKS SMK ini, salah satunya juga termasuk tentang Implementasi Kurikulum Merdeka,” kata dia.

“Program roadshow MKKS ini diharapkan mampu memotivasi SMK se-Lampung, agar manjadi sekolah unggul di masa-masa mendatang,” tutur Kepala SMKN 2 Bandar Lampung ini. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close