UIN Raden Intan Lampung

Rektor UIN RIL Hadiri KMBAAA Bersama Sejumlah Perwakilan Negara Luar

DOK UIN RADEN INTAN LAMPUNG

SMARTNEWS.ID – Rektor Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) Prof. Hi. Wan Jamaluddin Z., M.Ag., Ph.D, turut hadiri Konferensi Moderasi Beragama Asia Afrika dan Amerika Latin (KMBAAA) atau The Asia-Africa and Latin America Conference on Religious Moderation berlangsung di Gedung Merdeka dan Hotel Savoy Homann, Bandung, 20–22 Desember 2023.

KMBAAA diikuti perwakilan dari berbagai negara. Di antaranya Kenya, Srilanka, India, Yaman, Sudan, Pakistan, Iran, Meksiko, Mesir, Libya, Kamboja, Mozambik, Irak, Tiongkok, Uni Emirat Arab, Malaysia, Arab Saudi, dan Yordania, diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Agama (Kemenag) RI dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Wakil Menteri Agama RI Saiful Rahmat Dasuki di Gedung Merdeka yang membuka konferensi tersebut. ’’Hari ini kita berkumpul di Gedung Merdeka mengenang 1955 atau 68 tahun silam diselenggarakan Konferensi Asia Afrika. Selain sebagai ajang konferensi akademik, di sisi lain menjadi pengingat spirit solidaritas Bangsa Asia Afrika dan Amerika Latin,” katanya.

Kata Saiful Rahmat Dasuki, KMBAAA menjadi forum strategis internasionalisasi moderasi beragama (MB) di kawasan Asia Afrika dan Amerika Latin. ’’Hal ini merupakan salah satu implementasi Perpres No. 58/2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama,” ujarnya.

Ia mengajak para delegasi yang hadir di KMBAAA untuk turut serta menguatkan moderasi beragama sebagai solusi global dalam upaya perdamaian dunia. ’’Saya berharap moderasi beragama menjadi gerakan wawasan global untuk mengatasi konflik yang masih terjadi,” ungkapnya.

Dalam pembukaan turut dihadiri Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf; Kepala Badan Penelitian Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Kemenag Suyitno; para duta besar negara atau yang mewakili; serta pejabat di lingkungan Kemenag. (RLS)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close