Ruwa Jurai

Ribuan Bangku SMK Negeri di Lampung Tidak Terisi

Panitia PPDB SMK Negeri 6 Bandar Lampung, saat melayani masyarakat yang ingin mengetahui tata cara pendaftaran PPDB di sekolah setempat, beberapa waktu lalu. DOK

SMARTNEWS.ID — Hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 pada jenjang SMK negeri di Provinsi Lampung, telah diumumkan, Rabu, 23 Juni 2021.

Dari 29.875 calon siswa yang akan diterima di SMK negeri se-Lampung, ternyata hanya terisi 23.586 calon siswa berdasar hasil seleksi yang diikuti 25.359 peserta.

Berdasar perhitungan tersebut, artinya 6.289 bangku di SMK negeri bakal tidak terisi. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung akan membiarkan bangku tersebut kosong.

“Dengan kata lain, ribuan bangku yang tidak terisi di SMK negeri, sementara dibiarkan kosong,” ujar Kabid Pembinaan SMK Disdikbud Lampung Dra. Zuraida Kherustika, M.M, Jumat (25/6/2021).

Dari ribuan jumlah bangku kosong tersebut, menurut dia, penyumbang terbesar berada pada SMK negeri di Kota Bandar Lampung yang jumlahnya mencapai 1.057 peserta.

“Kuota SMK negeri yang disediakan di Bandar Lampung ini 4.848 calon siswa. Sementara yang diterima hanya 3.791 calon siswa berdasar hasil seleksi yang diikuti 4.802 pendaftar,” ujar dia.

Menurut dia, dari sembilan SMK negeri di Bandar Lampung, kekurangan siswa yang terlihat mencolok diantaranya pada SMK Negeri 5 dan SMK Negeri 6 Bandar Lampung.

“Kekurangan di SMK Negeri 6 mencapai 223 calon siswa. Begitu juga di SMK Negeri 5, mencapai ratusan. Di SMK negeri yang lain juga kurang, namun tidak sebanyak itu,” katanya.

Dia mengatakan, sejumlah faktor menjadi penyebab tidak terisinya bangku di SMK negeri di Lampung. Diantaranya, lulusan SMP memilih melanjutkan pendidikan di sekolah agama dan swasta.

“Sepertinya banyak orangtua siswa lulusan SMP sederajat, ini mengalihkan pendidikan anak-anaknya ke Pondok Pesantren di luar dan dalam Lampung dan SMA/SMK swasta,” dugaannya. (**)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close