Humaniora

Sekretaris Disdikbud Kota Buka IHT Merdeka Belajar di Kedamaian

"Guru Harus Pintar, Kreatif, Inovatif, dan Punyai Terobosan Baru"

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M.Si, buka In House Training (IHT) Merdeka Belajar, di SD School Of Victory Bandar Lampung, Rabu (29/1/2020).

IHT mengambil tema Melalui Merdeka Belajar Kita Tingkatkan Kinerja Guru dalam Menyusun RPP yang Efisien, Efektif, dan Berorientasi pada Peserta Didik, itu diikuti 60 guru sekolah dasar (SD) se-Kecamatan Kedamaian.

Saat membuka, Sekretaris yang pada kesempatan itu didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M mengatakan, IHT ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi mutu guru.

Sekretaris Disdikbud Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si, memberi ucapan selamat kepada salah satu peserta IHT Kecamatan Kedamaian.

Dia mengatakan, guru memiliki tanggungjawab besar dalam mencerdaskan anak bangsa. Oleh karena itu, menurutnya guru harus pintar, kreatif, inovatif, dan mempunyai terobosan baru dalam proses belajar mengajar.

“Guru harus semangat dalam menebarkan ilmu pengetahuan kepada siswa. Terpenting pula, guru mempunyai terobosan baru dalam mengajar, agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran di sekolah,” ujar Sekretaris.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris juga menyampaikan sejumlah program pokok yang menjadi kebijakan di era Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim yakni Mereka Belajar.

Sekretaris Disdikbud Kota Eka Afriana, S.Pd., M.Si, didampingi Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M, berfoto bersama perwakilan peserta IHT.

Diantaranya, rencana perubahan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi.

“UN akan ditiadakan karena menjadi beban siswa dan orangtua. UN terakhir dilaksanakan pada tahun 2020 ini. Tahun 2021, penggantinya adalah asesmen kompetensi minimum dan survei karakter,” ujar dia.

Turut pada pembukaan IHT, Koordinator Wilayah IV Disdikbud Kota Ismail, S.E., M.M, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Kedamaian Mardhatilah, M.Pd, dan Wakil Kepala SD School Of Victory Suryani, S.Pd. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close