Humaniora

Siswa dan Guru SMPN 34 Bandar Lampung Gotong Royong Bersihkan Sisa Banjir

BANDAR LAMPUNG — SMPN 34 Bandar Lampung pasca diterjang banjir pada Sabtu (16/2) malam yang mengakibatkan satu ruang belajar siswa jebol dan sejumlah peralatan belajar rusak, terlihat hari ini siswa dan dewan guru bergotong royong membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih berserakan di lingkungan sekolah.

Kursi, meja, dan sejumlah buku pelajaran sekolah yang masih tersisa, dibersihkan menggunakan peralatan seadanya di halaman sekolah agar dapat dipergunakan kembali. Secara perlahan namun pasti semua dikerjakan secara bergotong royong dan penuh kebersamaan.

Terlihat pula sejumlah pekerja tengah membersihkan puing reruntuhan bangunan yang jebol di kelas VIII E itu. Rencananya bangunan yang rusak, segera diperbaiki Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung, agar dapat digunakan kembali.

Musibah yang melanda SMPN 34 Bandar Lampung, itu juga tidak luput dari perhatian sekolah lain. Seperti pada hari ini, Senin (18/2) sejumlah kepala sekolah SMP di Bandar Lampung menghampiri SMPN 34 guna memberikan bantuan seperti, sapu, alat pel, ember, dan sejumlah dana guna meringankan beban sekolah.

Kepala sekolah setempat, Sriyati, S.Pd., M.M, didampingi wakil kepala sekolah El Sri Puryanti, M.M.Pd mengatakan, pasca banjir kini pihaknya tengah mendata kerugian yang diderita sekolah. Selain satu ruang belajar siswa jebol, hasil pendataan menurut dia terdapat kerugian lain, seperti 20 unit komputer rusak, ribuan koleksi buku di perpustakaan tidak dapat digunakan, akibat terendam air.

 

Kini pihaknya memasrahkan hal tersebut kepada Disdikbud Bandar Lampung. Menurutnya, mulai dari Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Bidang Gedung dan Perlengkapan, dan Kabid Pendidikan Dasar, telah mengunjungi sekolah guna melihat secara langsung dampak dari banjir tersebut.

“Seluruh pimpinan di dinas sudah sejak Minggu (17/2) kemarin datang ke sekolah kami, dari pagi hingga sore. Bahkan hari ini juga ibu Sekretaris didampingi Kabid Dikdas dan Kabid Gedung, kembali mengunjungi sekolah, guna memastikan evakuasi sekolah berjalan lancar, ” ujar dia kepada smartnews.id, di sekolahnya, Senin (18/2/2019).

Sementara itu Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd, M.Si menerangkan, akibat banjir di SMPN 34 Bandar Lampung tidak mengganggu aktivitas sekolah. Menurutnya, proses kegiatan belajar mengajar sekolah masih seperti biasanya diikuti siswa.

“Ruang belajar yang jebol hanya satu kelas yakni di kelas VIII, sementara kelas lain masih baik-baik saja. Namun, pagi tadi seluruh siswa kelas VIII sempat bergotong royong membersihkan sisa-sisa banjir, tetapi sekarang siswa sudah mengikuti belajar,” ujar dia didampingi Kabid Dikdas Mega Puri, S.Pd., M.M itu. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close