Humaniora

Siswa SMKN 2 Bandar Lampung Fokus Kerjakan Soal USBN

BANDAR LAMPUNG – Siswa SMK di Bandar Lampung serentak mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2019. USBN yang berlangsung selama tujuh hari hingga Senin (18/3/2019) depan, itu mengujikan 14 mata pelajaran.

Seperti yang berlangsung di SMKN 2 Bandar Lampung, Senin (11/3/2019), Sebanyak 681 siswa kelas XII dari 10 kompetensi keahlian di sana, tampak terlihat saksama dan fokus dalam mengerjakan soal ujian.

Pada hari pertama ini, para siswa mengerjakan soal mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta Seni Budaya. Masing-masing pelajaran berjumlah 45 butir dengan perincian 40 merupakan soal pilihan ganda dan sisanya soal esai.

Ujian dimulai sejak pukul 07.30 atau berlangsung selama 2 jam setiap mata pelajaran, dilaksanakan dengan baik oleh siswa. Tidak banyak dikeluhkan saat mengerjakan soal, bahkan sejumlah siswa mampu mengerjakan sebelum waktu berakhir.

Seperti diungkapkan Restu, salah seorang siswa usai mengikuti ujian kepada smartnews.id, bahwa seluruh soal yang diberikan saat USBN merupakan pelajaran yang telah dipelajari selama duduk di bangku sekolah.

Seluruh soal mampu dijawab dengan baik. Namun, menurutnya pada ujian Pendidikan Agama dan Budi Pekerti hanya terdapat satu soal tidak sesuai petunjuk pertanyaan. Akan tetapi persoalan itu telah diberi solusi oleh dewan pengawas ujian.

“Cuma ada satu soal saja yang keliru, yakni di nomor 2 mengenai Hukum Tajwid, seharusnya siswa menjawab soal berdasarkan pertanyaan yang digarisbawahi, namun itu tidak ada. Tetapi itu tidak masalah bagi kami,” kata dia yang diamini rekannya Rio itu.

Sementara itu ketua panitia USBN sekolah setempat Susilo Cendrawanto membenarkan terdapat satu soal yang dianggap keliru. Namun menurut dia, soal tersebut tidak merugikan para siswa, karena telah dibuatkan berita acara, agar saat mengoreksi soal, panitia dapat melewatinya.

“Kalau ada soal yang error, siswa tidak dirugikan dan tidak dikurangi nilainya walaupun menjawabnya salah. Masalah itu sudah dibuatkan dalam berita acara. Saat mengoreksi soal, soal di nomor 2 itu dianggap sebagai bonusnya,” kata dia.

Kemudian kepala SMKN 2 Bandar Lampung Firdaus menerangkan, siswa mengikuti USBN yang dimulai hari ini telah siap mengikutinya, karena persiapan telah dilakukan jauh hari sebelumnya.

Saat pelaksanaan ujian, siswa dengan tertib mengikuti berdasarkan petunjuk yang diberikan panitia. Menurutnya, para pengawas ujian di tempatnya, tidak hanya berasal dari sekolahnya, namun juga dari sekolah lain.

“Pengawas ujian di sekolah kami sebagian besar dari sekolah luar atau disebut pengawas silang. Alhamdulillah ujian pada hari pertama ini berjalan dengan lancar. Insya Allah hingga hari terakhir berjalan baik-baik saja,” harapnya. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close