Humaniora

SMAN 14 Bandar Lampung Sembelih Empat Ekor Hewan Kurban

Panitia kurban SMAN 14 Bandar Lampung, saat memotong hewan kurban. DOK SMAN 14

SMARTNEWS.ID — SMAN 14 Bandar Lampung menyembelih empat ekor hewan sapi sebagai kurban pada momen Hari Raya Idul Adha, 10 Zulhijah 1442 Hijriah atau 2021 Masehi.

Keempat ekor sapi tersebut berasal dari pendidik dan tenaga kependidikan (GTK) dan peserta didik. Pemotongan hewan kurban itu dilakukan di lingkungan sekolah, Kamis 22 Juli 2021.

Kepala sekolah setempat Sevensari, S.Pd., M.M mengatakan, pelaksanaan kurban sebagai wujud meneladani ketakwaan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dalam menerima ujian Allah Swt.

Menurut dia, kisah kerelaan Nabi Ibrahim AS yang mengurbankan anaknya yang dicintainya, Nabi Ismail AS, itu mengajarkan manusia senantiasa bersabar dan ikhlas dalam menjalani hidup.

“Berkurban ini juga mengajarkan siswa selalu patuh terhadap apa yang diperintahkan Sang Khalik bahwa untuk mencapai sesuatu harus butuh perjuangan dan pengorbanan,” ujar dia, Jumat (23/7/2021).

Sementara Panitia Kurban SMAN 14 Icon Herawati, S.Pd menyampaikan, empat ekor sapi kurban secara perinci tiga ekor berasal dari GTK dan satu sapi atas nama dari peserta didik.

Keempat ekor sapi tersebut didapat dengan cara mengumpulkan dana selama satu tahun melalui panitia kurban sekolah. “Kurban ini hasil menabung guru dan staf yang berminat,” katanya.

Menurut dia, hewan kurban sapi yang telah disembelih ini diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kami memberikan kurban ini sesuai dengan sasaran yang tepat,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pada momen pemotongan hewan kurban, itu juga disertai dengan tausiyah dan pembacaan doa yang dibawakan oleh Rizki Aditya Amarullah, S.Ag.

“Panitia kurban yang menyaksikan pemotongan kurban dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Sementara guru dan siswa lain menyaksikan secara virtual,” kata dia. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close