Humaniora

134.467 Siswa SMP/MTs di Lampung Ikuti Ujian Nasional Senin Depan

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) — Sebanyak 134.467 siswa kelas IX SMP/MTs Se-Provinsi Lampung, akan mengikuti Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2018/2019, dimulai Senin (22/4) hingga Kamis (25/4).

Dari sejumlah siswa tersebut, 106.467 siswa yang berasal dari 1.513 sekolah akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan 27.987 siswa dari 493 sekolah mengikuti Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M mengatakan, data peserta UN tingkat SMP/MTs di Lampung, bersumber dari data utama pendidikan nasional atau Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Menurut dia, peserta UN di Lampung terbagi menjadi dua model ujian, yaitu UNBK dan UNKP. Dari 15 kabupaten/kota, daerah telah 100 persen mengikuti UNBK berada di Bandar Lampung, Metro, Lampung Barat, Tulang Bawang, Pesawaran, dan Pringsewu.

Sementara Lampung Tengah, Lampung Utara, Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Selatan, Way Kanan, Tulangbawang Barat, Mesuji, dan Pesisir Barat, menyelenggarakan UNBK dan UNBK.

“Untuk sembilan kabupaten ini, tidak semuanya UNBK, namun sebagian besar masih UNKP. Mengenai soal UNKP, hari ini didistribusikan ke masing-masing daerah,” ujar dia kepada smartnews.id, Kamis (18/4/2019).

Dia berharap, pelaksanaan UN tingkat SMP/MTs tahun ini dapat berlangsung tertib, aman, dan lancar, serta siswa memperoleh nilai yang memuaskan, kendati hasil UN bukanlah sebagai standar penentu kelulusan siswa.

“Kita sama-sama mendoakan, semua anak-anak kita akan mengikuti UN SMP sederajat yang dimulai Senin hingga Kamis pekan depan, dapat mengikuti dengan baik. Mereka adalah generasi penerus bangsa yang patut kita motivasi,” kata dia. (yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close