Humaniora

SMPN 5 Bandar Lampung Raih Penghargaan Kemendikbud RI

BANDAR LAMPUNG (smartnews.id) – SMPN 5 Bandar Lampung meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sebagai Sekolah Model Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dengan rerata capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) tertinggi ke-4 tahun 2018, tingkat Provinsi Lampung.

Penghargaan tersebut diberikan langsung Sekretaris Jenderal Kemendikbud RI, Didik Suhardi, Ph.D, kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung yang diwakili Wing Wisanggeni, S.Pd., M.Ti, di Hotel Novotel Bandar Lampung, baru-baru ini.

Kepala sekolah setempat Elly Yanti, S.Pd., M.Pd kepada smartnews.id, Senin (18/3/2019) mengatakan, memperoleh penghargaan dari Kemendikbud RI sebagai sekolah model SPMI, merupakan sebuah pengakuan dari pemerintah, bahwa sekolahnya telah melaksanakan SNP dengan baik.

Meraih capaian SNP tertinggi ke-4 sebagai sekolah model SPMI di Lampung, menurut dia berdasar penilaian yang dilakukan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Lampung, dengan melakukan verifikasi sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan.

“Alhamdulillan berdasar penilaian LPMP Lampung, sekolah kami memperoleh penghargaan dari Kemendikbud sebagai sekolah model SPMI dengan rerata capaian SNP 6,01, sebagai kategori menuju SNP 4. Penghargaan ini semakin memotivasi kami dalam meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya.

Kemudian, Pengawas Pembina Disdikbud Bandar Lampung Wing Wisanggeni, S.Pd., M.Ti menerangkan, SMPN 5 Bandar Lampung mampu memperoleh penghargaan Kemendikbud RI sebagai sekolah model SPMI karena mampu menjawab tantangan delapan SNP yang berlaku di sekolah.

Adapun delapan SNP yang telah dipenuhi sebagai sekolah model SPMI, menurut dia meliputi standar kompetensi lulusan, isi, proses, tenaga pendidik, pengelolaan, pembiayaan, sarana prasarana, dan penilaian.

“SMPN 5 adalah salah satu dari sejumlah sekolah model di Bandar Lampung. Namun, pada penilaian dilakukan LPMP Lampung, sekolah ini masuk empat besar sebagai sekolah model SPMI tingkat Provinsi Lampung,” ujar dia yang juga sebagai pengawas pembina sekolah setempat itu.

Sementara itu Sekretaris Disdikbud Bandar Lampung Eka Afriana, S.Pd., M.Si mengapresiasi prestasi SMPN 5 dengan meraih penghargaan sebagai sekolah model SPMI dari Kemendikbud RI. Menurutnya, capaian tersebut merupakan bukti bahwa pendidikan di Bandar Lampung berjalan baik.

“Kami bersama seluruh pihak, akan terus memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi masyarakat Lampung. Bila penilaian kemarin masih dengan rerata SNP tertinggi ke-4 di Lampung, Insya Allah di tahun berikutnya dapat lebih meningkat,” ujar dia yang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Mega Puri, S.Pd., M.M itu.(yus)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close