Pemkot Balam

Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana Buka Bimbingan Manasik Haji


SMARTNEWS.ID – Sebanyak 1.564 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Bandar Lampung mengikuti manasik haji di Aula Masjid Al- Furqon, Rabu, 17 April 2024.

Kepala Kantor Kemenag Kota Bandar Lampung, Makmur mengatakan, manasik haji ini memberikan pembekalan pda 1.564 JCH Bandar Lampung untuk haji.

Dari total 1.564 jamaah ini terbagi atas komposisi pria sebanyak 685 dan wanita sebanyak 879 orang. Kategori lansia untuk di Bandar Lampung jika dipersentasekan ada sekitar 30 persenan dari total jumlah jamaah.

Untuk jemaah yang termuda dari Bandar Lampung berusia 18 tahun, dan jemaah yang tertua berusia 93 tahun.

Makmur mengungkapkan, petugas haji yang nantinya akan mendampingi para jemaah selama di Tanah Suci berjumlah 14 orang. Manasik haji ini akan dilakukan dua hari, pada 17 April dan 18 April.

Untuk manasik lanjutan akan dilakukan di kantor kecamatan masing-masing, Walikota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan, para JCH untuk menjaga kesehatan fisik, rajin berolahraga sehingga fisik tetap kuat saat melaksanakan rukun Islam kelima di Tanah Suci.

“Apalagi tadi kita lihat tadi ada yang lagi sakit, dan ada yang buta. Terlebih cuaca di mekah kabarnya panas, sehingga kekuatan fisik juga penting agar ibadahnya khusyuk disana,” ujarnya.

Walikota menjelaskan, pembinaan manasik haji ini, dilakukan guna menyiapkan JCH agar dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji berjalan sesuai tuntunan syariat Islam.

Selain itu, Pemerintah Kota Bandar Lampung akan memberikan subsidi biaya transit daerah. Kita menganggarkan seperti tahun kemarin, tapi kita masih menunggu keputusan dari pemerintah Provinsi Lampung.

“Dalam kesempatan ini bunda meminta kepada para JCH untuk mempersiapkan diri secara fisik dan mental dan mengikuti manasik haji secara seksama, serta memantapkan niat untuk menunaikan ibadah haji,” pungkas Walikota. (***)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close