Humaniora

1.155 Siswa PKBM/SKB di Bandar Lampung Ikut UPK Paket C

Kepala SKB Kota Bandar Lampung Hj. Ruliana Ibrahim, didampingi staf Disdikbud Bandar Lampung, meninjau pelaksanaan UPK Paket C di SKB setempat, Senin (29/3/2021). ISTIMEWA

SMARTNEWS.ID — Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) Paket C Tahun Pelajaran 2020/2021 di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, serentak dimulai, Senin, 29 Maret 2021.

UPK yang akan dilaksanakan hingga Sabtu 3 April mendatang, itu diikuti 1.155 peserta berasal dari 25 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB).

Plt Kepala Bidang PAUD Formal – Nonformal dan Pendidikan Masyarakat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bandar Lampung, Baqat Nasir, mengatakan UPK Paket C akan digelar selama lima hari.

UPK yang dilakukan di masing-masing satuan pendidikan, menurut dia, itu dilakukan dengan dua cara yaitu secara dalam jaringan (daring) atau online dan luar jaringan (luring) atau offline.

“Kalau siswa ada yang tidak memiliki gawai seperti telepon cerdas, maka sekolah dapat menggelar UPK dengan menggunakan kertas atau luring,” ujar Baqat Nasir, Senin (29/3/2021).

Dia mengatakan, UPK ini digelar berdasarkan surat edaran Direktorat Jenderal PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud Nomor: 0347/CB/KR/2021.

“Satuan pendidikan melaksanakan UPK karena ada dasarnya, yakni tentang prosedur operasional standar ujian pendidikan kesetaraan yang dikeluarkan Kemendikbud,” ujarnya.

Menurutnya, peserta yang mengikuti UPK tersebut sebelumnya telah ditetapkan sebagai peserta UPK Paket C yang terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

“Peserta UPK tersebut berdasarkan hasil validasi dan verifikasi yang ditetapkan masing-masing PKBM dan SKB,” ujar dia yang mendampingi Sekretaris Disdikbud Hj. Eka Afriana itu.

Kesuksesan Tertunda

Sementara pada hari pertama pelaksanaan UPK Paket C di SKB Kota Bandar Lampung yang digelar secara luring menggunakan kertas dan pensil, berlangsung tertib dan lancar.

Kepala SKB Bandar Lampung, Hj. Ruliana Ibrahim, mengatakan UPK digelar dengan menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 secara ketat di tempatnya itu diikuti 78 peserta.

Sejumlah peserta tersebut, menurut dia, dibagi menjadi empat ruang kelas dan masing-masing kelas sebanyak 20 peserta dengan diawasi dua orang petugas.

“Para peserta UPK yang ingin memiliki ijazah Paket C, ini berasal dari latar belakang yang beragam. Mereka ini melakukan kesusksesan yang tertunda,” ujarnya, Senin.

Dia mengatakan, UPK di tempatnya hanya diikuti peserta untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). “Sedangkan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kami tidak melaksanakan,” kata dia.

Sedangkan pelaksanaan UPK, lanjut dia, dilaksanakan sejak pukul 08.00 – 10.00 Wib dan 10.00 – 12.00 Wib. “Setiap harinya rata-rata mengujikan dua mata pelajaran,” katanya. (YUS)

Jadwal UPK Paket C

Senin (29/3/2021)
Jurusan IPA dan IPS: Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan

Selasa (30/3/2021)
Jurusan IPA dan IPS: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Rabu (31/3/2021)
Jurusan IPA: Matematika dan Fisika
Jurusan IPS: Matematika dan Geografi

Kamis (1/4/2021)
Jurusan IPA: Biologi dan Kimia
Jurusan IPS: Sosiologi dan Ekonomi

Sabtu (3/4/2021)
Jurusan IPA dan IPS: Sejarah

Sumber: Disdikbud Bandar Lampung

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close