Humaniora

ICEBE Unila Ruang Publikasi Penelitian Berbasis Teknologi

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani, M.Si, saat membuka ICEBE secara virtual, Kamis (7/10/2021). TANGKAPAN LAYAR

SMARTNEWS.ID – Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Karomani, M.Si, membuka konferensi internasional “The 4th International Conference of Economics, Business, and Entrepreneurship (ICEBE)” secara resmi via Zoom, Kamis (7/10/2021).

ICEBE 2021 merupakan konferensi ke-4 yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unila dengan mengusung tema “Reshaping Business Strategy through Technological Innovation from Post Covid-19 Recovery”.

Prof. Karomani menyampaikan, perkembangan TIK yang pesat di berbagai negara memaksa banyak organisasi menyesuaikan strategi bisnis dengan melakukan transformasi ke dunia digital pada bisnis yang dijalankan.

Teknologi digital digunakan untuk menciptakan hal baru atau memodifikasi proses bisnis dan pengalaman pelanggan yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pasar yang terus berubah.

Saat ini, transformasi digital digunakan berbagai organisasi seperti lembaga pemerintah dan publik, swasta, dan industri jasa.

Transfomasi digital juga memiliki pengaruh signifikan dalam pengelolaan bisnis dan interaksi pada pelanggan sebab, teknologi ini dapat meningkatkan kinerja bisnis organisasi.

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung mendatangkan banyak tantangan baru di segala bidang, tidak terkecuali dunia pendidikan.

Kendati demikian, orang nomor satu di Unila ini menilai, pandemi tidak boleh menjadi penghalang untuk terus melanjutkan pekerjaan. Dunia pendidikan pun harus mampu beradaptasi, menyesuaikan strateginya dengan melakukan transformasi digital.

Pandemi Covid-19 tidak boleh dijadikan penghalang untuk melanjutkan pekerjaan. Salah satu contoh yang bisa dilakukan misalnya dengan menyelenggarakan konferensi ini.

Kegiatan ini bisa terlaksana karena inovasi-inovasi yang diperoleh dari perkembangan teknologi untuk mendukung aktivitas online.

“Dalam dunia bisnis, mereka mulai mengembangkan diri melalui bisnis digital. Hal ini juga sebagai bentuk adaptasi bagi seluruh komunitas bisnis bertahan dari pandemi Covid-19,” ujarnya.

Prof. Karomani melanjutkan, Unila sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia berkomitmen untuk terus mewujudkan kualitas tridarma perguruan tinggi, meningkatkan produktivitas, dan kualitas penelitian.

ICEBE 2021 merupakan dukungan instrumental dari Universitas Lampung, khususnya FEB Unila, kepada dunia usaha untuk tetap bertahan di tengah pandemi.

ICEBE menjadi ruang bagi akademisi untuk mempublikasikan penelitian mereka terkait tema yang diangkat, baik secara konseptual, empirik maupun teoretis, termasuk studi kasus, generalisasi, dan survei literatur.

Penelitian itu diharapkan dapat menjadi sebuah sumbang pikir yang bermanfaat dalam rangka memberi dukungan kepada dunia usaha. (**)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close