Humaniora

UNBK di SMKN 7 Bandar Lampung Sukses

SMARTNEWS.ID — Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK tahun pelajaran 2019/2020 di Lampung yang berlangsung sejak Senin kemarin, berakhir, Kamis (19/3/2020).

Tidak terjadi kendala berarti selama pelaksanaan ujian tersebut, seperti pada SMK di Kota Bandar Lampung. Salahsatunya SMKN 7 yang berada di Kecamatan Sukarame.

UNBK yang berlangsung empat hari, di sana dapat dikatakan sukses. Seluruh perangkat utama seperti komputer serta alat pendukung lain, dapat digunakan dengan baik peserta ujian.

Termasuk, peserta ujian dari sekolah setempat yang berjumlah 312 siswa ditambah 15 siswa dari SMK Kesehatan yang menumpang di sana, hadir 100 persen mengikuti ujian.

Kepala SMKN 7 Salahudin, S.T., M.M mengatakan, UNBK pada tahun terakhir ini yang dilaksanakan pihaknya dapat berjalan dengan lancar, tanpa menemui kendala yang berarti.

Seluruh peserta ujian, menurutnya telah melaksakan dengan baik, sesuai prosedur standar operasional yang telah ditentukan, serta tata tertib yang berlaku di sekolah.

Alhamdulillah UNBK tahun terakhir ini berjalan dengan lancar. Ini atas dukungan semua pihak yang telah bekerja keras menyukseskan UNBK,” ujarnya di sekolahnya, Kamis petang.

Dia mengatakan, teknis pelaksanaan UNBK yang dilakukan tiga sesi dalam sehari, pada tahun ini hampir tidak ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pembedanya pada tahun ini ialah siswa mengikuti UNBK di tengah merebaknya isu Corona Virus Disease atau Covid-19 yang terjadi disejumlah daerah di Tanah Air.

“Tahun ini UNBK sedikit beda dari biasa. Seperti sebelum siswa ikuti ujian wajib cuci tangan pakai sabun, dicek suhu tubuhnya, dan menggunakan hand sanitizer,” ujarnya seraya tersenyum.

Menurutnya, hal itu dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 Tahun 2020, tentang Pencegahan Covid-19.

Alhamdulillah, semua peserta ujian dalam kondisi sehat, termasuk pengawas dan panitia ujian. Ini atas kepedulian semua pihak dalam menjaga kesehatan,” kata dia.

Kesuksesan UNBK SMK juga dirasakan SMK se-Lampung. “SMK yang melakanakan UNBK tahun ini, semuanya berhasil,” ujar Katua MKKS SMK Lampung, Drs. Moh Edy Harjito, M.Pd.

Diketahui, peserta UNBK SMK di Lampung 44.478 siswa. Sedangkan, di Bandar Lampung sendiri 7.720 siswa. UNBK itu berlangsung sejak 16 – 19 Maret 2020. (YUS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close